0%
logo header
Selasa, 03 September 2024 10:50

Hadiri Wisuda UKI Paulus, Andi Sudirman Dorong Alumni Jadi Generasi Terbaik dan Teguh Pendirian

Rizal
Editor : Rizal
Bakal Calon Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman saat menghadiri undangan Rapat Senat Terbuka Luar Biasa UKI Paulus Makassar di Hotel Dalton, Makassar, Senin (2/9/2024). (Foto: Istimewa)
Bakal Calon Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman saat menghadiri undangan Rapat Senat Terbuka Luar Biasa UKI Paulus Makassar di Hotel Dalton, Makassar, Senin (2/9/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Bakal Calon Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan selamat kepada para lulusan sarjana dan Magister Universitas Kristen Indonesia (UKI) Paulus.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri undangan Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Universitas Kristen Indonesia (UKI) Paulus Makassar di Hotel Dalton, Makassar, Senin (2/9/2024).

“Selamat kepada para wisudawan sarjana dan magister Universitas Kristen Indonesia (UKI) Paulus yang telah menyelesaikan pendidikannya. Dan jadilah yang terbaik, tunjukkan karaketer yang idealis, teguh pendirian, dan menjadi agen perubahan serta bisa diperhadapkan dengan tantangan,” jelasnya.

Baca Juga : Tunjukkan Kepedulian dan Apresiasi di Hari Pelanggan Nasional, PLN Gelar PLN Mobile Customer Day di Makassar

Dirinya pun mengapresiasi para civitas akademika UKI Paulus yang telah berkontribusi dalam mencetak generasi yang unggul.

“Pendidikan bukan untuk mengantarkan mendapatkan pekerjaan, tapi itu bisa mengubah pola pikir. Apresiasi kita kepada seluruh pendeta dan pendiri Kampus UKI Paulus ini, yang telah mencetak generasi yang nantinya akan bisa membangun,” jelasnya.

Dalam acara itu, Andi Sudirman juga menyampaikan, bahwa Toraja merupakan salah satu prioritas Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan disaat kepemimpinan dirinya. Tercatat sepanjang tahun 2019 hingga tahun 2023, sekitar Rp1,1 triliun alokasi Pemprov Sulsel yang bermanfaat untuk masyarakat di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.

Baca Juga : Silaturahmi di Pattallassang, Warga Sambut Positif Beragam Program Unggulan Husniah-DM

Alokasi APBD provinsi itu, baik pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, mendukung pengembangan wisata, hibah rumah ibadah, bantuan sosial kemanusiaan, bantuan untuk petani, dan sejumlah bantuan lainnya.

“Selama menjabat periodesasi kami, Toraja merupakan salah satu daerah yang pembangunannya terbesar sepanjang sejarah pemerintahan di Sulsel. Tagline kami Larampo umpameloi Toraya (artinya datang membangun Toraja). Terbukti Toraja ini salah satu daerah yang alokasi anggaran provinsi yang nilainya besar, lebih dari Rp1 triliun sudah kita gelontorkan di Tana Toraja dan Toraja Utara,” jelasnya.

Sejumlah infrastruktur jalan dan jembatan dibangun secara bertahap. Di Toraja Utara diantaranya Jembatan Malango, ruas jalan Rantepao-Pangalla, ruas Bua-Rantepao, ruas Rantepao-Sa’dan-Batusitanduk, ruas Rantepao-Alang Alang-Madandan-Batas Tana Toraja.

Baca Juga : Relawan Anies Baswedan Siap Menangkan AMAN di Pilwalkot Makassar 2024

Selanjutnya, jalan kabupaten seperti jalan lingkar Ba’lele, jalan Randan Batu-perbatasan Tana Toraja, jalan Buntao-perbatasan Tana Toraja, ruas jalan Tandung La’bo dan beberapa ruas jalan lainnya. Sementara di Tana Toraja diantaranya ruas Passobbo-Matangli-Massupu-perbatasan Pinrang.

Sementara untuk Kabupaten Tana Toraja, adapun bantuan keuangan TA 2023 senilai Rp31,2 miliar diperuntukkan untuk pembangunan jalan Buakaya Ollon, ruas prioritas kabupaten, subsidi pesawat, dan lainnya.

Untuk TA 2022 senilai Rp22,5 miliar untuk pembangunan jalan wisata Ollon dan untuk mendukung pembangunan jalan prioritas kabupaten. Bantuan keuangan Provinsi Sulsel juga menyasar untuk pembangunan jalan akses ke bandara Buntu Kunik.

Baca Juga : Tokoh Masyarakat dan Pemangku Adat Sambut Azhar Arsyad di Maros

Dalam memperlancar akses mobilitas via darat maupun udara ini untuk memperkuat Toraja yang dikenal sebagai daerah wisata dengan budaya yang khas di Sulsel, Andi Sudirman menghadirkan subsidi penerbangan, diantaranya rute Makassar-Toraja (PP) dan rute Balikpapan-Toraja (PP).

Sekadar diketahui, kegiatan ini juga dalam rangka Dies Natalis ke-61 UKI Paulus Makassar, Wisuda Sarjana ke-64, dan Magister ke-40, dengan mengusung tema “61 Tahun Perjalanan UKI Paulus, Menavigasi Tantangan Menuju Keunggulan“. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646