0%
logo header
Senin, 26 Agustus 2024 15:47

Kolaborasi PLN dan BPN Gorontalo Berhasil Amankan 17 Aset Negara

Chaerani
Editor : Chaerani
Kolaborasi PLN UIP Sulawesi dan BPN Gorontalo berhasil amankan puluhan aset. (Dok. Humas PLN UIP Sulawesi)
Kolaborasi PLN UIP Sulawesi dan BPN Gorontalo berhasil amankan puluhan aset. (Dok. Humas PLN UIP Sulawesi)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi berhasil mengamankan aset milik negara di Provinsi Gorontalo.

Keberhasilan ini tentunya atas upaya kolaborasi bersama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Gorontalo. Hingga saat ini sekitar 17 sertifikat tanah yakni 12 sertifikat di Gorontalo Utara, dan 5 sertifikat di Kabupaten Pohuwato berhasil diamankan.

Sertifikat ini pun diserahkan langsung oleh Plt Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Provinsi Gorontalo, Budi Harsoyo Cahyonowinahyu, kepada Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Sulawesi, Nur Akhsin, di Kantor UIP Sulawesi.

Baca Juga : Pemilih Pemula Wajib Dilibatkan dalam Proses Pilkada di Kabupaten Mappi

“Semoga dengan diterimanya 17 sertifikat ini dapat membantu PLN dalam menjaga kepemilikan asetnya. Karena sertifikat merupakan salah satu tanda bukti hak kepemilikan atas tanah dan bangunan yang yg berada diatasnya,” terang Kepala BPN Gorontalo, dalam kegiatan, kemarin.

Budi menambahkan, BPN siap mendukung PLN dalam proses sertifikasi tanah di masa mendatang.

“Kami berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan PLN dalam penyelesaian sertifikasi aset tanah. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan infrastruktur di Gorontalo dan Sulawesi pada umumnya,” kata Budi Harsoyo.

Baca Juga : Bentuk Organisasi Bernama SPDP, Relawan Nurdin Abdullah Siap Menangkan Danny-Azhar

Sementara, Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Sulawesi Nur Akhsin, menyampaikan apresiasi kepada BPN Provinsi Gorontalo atas kinerja dan dukungan yang diberikan kepada PLN dalam pengaman aset milik negara.

“Kami berterima kasih kepada BPN atas dukungan dan kerja sama dalam proses sertifikasi aset milik PLN di Gorontalo,” ujarnya.

Menurutnya, hal tersebut merupakan langkah krusial bagi PLN untuk memastikan aset memiliki legalitas yang pada akhirnya akan mendukung kelancaran operasional dan pengembangan infrastruktur ketenagalistrikan di Sulawesi, khususnya di Provinsi Gorontalo.

Baca Juga : Tokoh Perempuan dan Lintas Komunitas di Pallangga Nyatakan Dukungan ke HT-DM

“Selain itu apresiasi terhadap transformasi yang dijalankan oleh BPN karena sertifikat yang diberikan sudah ada dalam bentuk digital semoga dengan adanya transformasi digital ini akan mempercepat dan mempermudah proses sertifikasi,” ungkap Nur Akhsin.

Nur Akhsin menjelaskan, sinergi dengan seluruh stakeholder menjadi kunci penting dalam kelancaran pekerjaan PLN terutama dalam hal pengamanan aset milik negara.

“Saat ini PLN UIP Sulawesi telah berhasil mengamankan 192 sertifikat atau 94 persen dari target 2024 sebanyak 204 sertifikat. Dimana masih ada waktu sekitar 4 bulan dan kami akan memaksimalkan waktu yang tersisa,” tutup Nur Akhsin.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646