0%
logo header
Selasa, 22 Agustus 2023 15:36

Kolaborasi PLN UIP Sulawesi dan Pemkab Morowali Wujudkan Hilirisasi Industri Lewat Infrastruktur Kelistrikan Andal

Chaerani
Editor : Chaerani
PT PLN (Persero) melalui UIP Sulawesi berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Morowali untuk membangun infrastruktur ketenagalistrikan untuk menyediakan kebutuhan listrik kawasan industri smelter di Kabupaten Morowali. (Dok. Humas PLN UIP Sulawesi)
PT PLN (Persero) melalui UIP Sulawesi berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Morowali untuk membangun infrastruktur ketenagalistrikan untuk menyediakan kebutuhan listrik kawasan industri smelter di Kabupaten Morowali. (Dok. Humas PLN UIP Sulawesi)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MOROWALI — Dalam rangka mewujudkan hilirisasi industri yang maksimal tentunya dibutuhkan dukungan lewat ketersediaan listrik yang andal.

Dalam mendorong upaya tersebut PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Morowali dengan membangun infrastruktur ketenagalistrikan untuk menyediakan kebutuhan listrik kawasan industri smelter di Kabupaten Morowali.

General Manager PLN UIP Sulawesi Defiar Anis menjelaskan, perlunya kesiapan dan dukungan dari seluruh pihak baik masyarakat, pemerintah pusat, pemerintah daerah, aparat penegak hukum untuk mendukung program hilirisasi industri tersebut.

Baca Juga : Pemilih Pemula Wajib Dilibatkan dalam Proses Pilkada di Kabupaten Mappi

“Salah satu yang dibutuhkan adalah terkait kesiapan infrastruktur ketenagalistrikan. Saat ini PLN sedang membangun Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV di Kabupaten Morowali,” terangnya dalam keterangannya, Selasa (22/08/2023).

Ia melanjutkan, rencana pembangunan SUTT ini pun sudah dalam tahap pra-konstruksi dan pembebasan lahan. SUTT ini pun direncanakan memiliki 109 tower transmisi.

“Dari kebutuhsn 109 transmisi ini statusnya sudah sebanyak 87 titik tower yang telah bebas lahannya dan sisanya sedang dalam proses pembebasan lahan. Pekerjaan ini direncanakan rampung pada 2024 mendatang,” lanjut Anis.

Baca Juga : Bentuk Organisasi Bernama SPDP, Relawan Nurdin Abdullah Siap Menangkan Danny-Azhar

Sementara Bupati Morowali Taslim pun menyampaikan dukungannya dengan bersinergi dengan PLN dalam proses Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK).

“Pengembangan kawasan industri di Morowali akan mendorong pertumbuhan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Selain itu hal ini sejalan dengan program pemerintah dalam mewujudkan hilirisasi industri,” terangnya.

Ia menambahkan, saat ini Morowali sedang membangun kawasan industri untuk pengelolaan nikel sebagai bentuk tindak lanjut dari program pemerintah terkait hilisarisasi industri khususnya nikel.

Baca Juga : Tokoh Perempuan dan Lintas Komunitas di Pallangga Nyatakan Dukungan ke HT-DM

“Kawasan industri tersebut akan menyerap banyak tenaga kerja dan pastinya membutuhkan listrik yang andal, untuk itu kami selaku pemerintah daerah senantiasa mendukung PLN dalam proses pembangunan ini,” tutup Taslim.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646