0%
logo header
Jumat, 03 November 2023 15:43

Kukar Membanggakan Budaya Lokal di Genta Nusantara III, Jejak Berbeda di Era IKN

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Acara "Mencintai Budaya Memperkuat Jati Diri Bangsa di Badung Bali. (Istimewa)
Acara "Mencintai Budaya Memperkuat Jati Diri Bangsa di Badung Bali. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyulap panggung Genta Nusantara III menjadi ladang kreativitas yang tak terlupakan. Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, berbicara tentang komitmen luar biasa Kukar dalam merawat keberagaman budaya dan kearifan lokal, menghadapi dinamika pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Acara “Mencintai Budaya, Memperkuat Jati Diri Bangsa” di Badung Bali pada 2-5 November 2023, menjadi catatan istimewa. Di tengah perjumpaan dengan budayawan dan seniman dari berbagai penjuru Tanah Air, Rendi Solihin menegaskan bahwa Kukar bukan sekadar daerah, tetapi panggung inspirasi yang memancarkan kekayaan budaya yang tak ternilai.

“Kebudayaan adalah cermin identitas suatu daerah. Ini adalah warisan yang harus kita pelihara agar tak padam, mewarnai sejarah bagi generasi-generasi mendatang. Kukar, dengan segala keunikan dari seni hingga bahasa, memiliki tugas mulia untuk dijaga,” ujarnya dengan semangat.

Baca Juga : Empat Siswa SLB Kukar Melenggang ke O2SN Nasional

Partisipasi Kukar dalam Genta Nusantara III bukan sekadar showcase, melainkan pernyataan nyata kontribusi pada pemeliharaan budaya dan kearifan lokal di Indonesia. Rendi Solihin berharap bahwa acara ini menjadi panggung dialog dan pertukaran ide tentang kekayaan budaya bangsa.

Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kukar, David Haka menyatakan banyak pujian yang mengalir ke arah Kukar. Ia menyatakan bahwa Kukar memiliki peluang emas untuk menjelajahi ekonomi kreatif yang bertumpu pada akar budaya.

“Pelestarian budaya setiap daerah sangatlah penting karena dengan adanya budaya yang berbeda-beda di setiap daerah adalah gambaran tentang daerah itu sendiri. Indonesia memiliki banyak suku, bahasa, budaya, kesenian, di sinilah tempat kita saling melestarikan budaya setiap daerah,” jelasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646