0%
logo header
Jumat, 16 Desember 2022 18:19

Listrik Andal dan Kuat, Ekonomi Masyarakat Donggala Meningkat

Chaerani
Editor : Chaerani
PLN komitmen ciptakan listrik kuat dan andal lewat pembangunan infrastruktur kelistrikan secara berkelanjutan di setiap wilayah. Salah satunya di Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. (Dok. Humas PLN UIP Sulawesi)
PLN komitmen ciptakan listrik kuat dan andal lewat pembangunan infrastruktur kelistrikan secara berkelanjutan di setiap wilayah. Salah satunya di Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. (Dok. Humas PLN UIP Sulawesi)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, DONGGALA — Listrik menjadi sumber energi utama yang banyak dimanfaaatkan dan dibutuhkan oleh manusia. Hampir seluruh peralatan dalam kehidupan manusia saat ini menggunakan listrik sebagai sumber energinya.

Kebutuhan listrik juga tak kalah penting dalam kegiatan industri yang mendukung kegiatan ekonomi daerah, maupun masyarakat. Sebab, pengaruh listrik dalam kehidupan masyarakat adalah menambah devisa negara dengan terbentuknya kegiatan industri.

Semakin andal kebutuhan listrik di suatu daerah, maka semakin berpotensi mendorong kemajuan dan pembangunan daerah yang muaranya menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat. Dalam memenuhi sumber energi listrik yang andal, perlu didukung melalui pembangunan infrastruktur kelistrikan yang maksimal.

Baca Juga : PLN Siapkan Air Bersih ke 392 KK di Desa Bangkala Loe dan Mallasoro Jeneponto

PT PLN (Persero) sebagai perusahaan penyedia energi listrik terus melakukan pembangunan infrastruktur kelistrikan di sejumlah daerah. Salah satunya di Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, dengan membangun Gardu Induk (GI), dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT).

Pembangunan yang dikerjakan Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi pun berhasil dirampungkan. Antara lain, Gardu Induk (GI) Donggala berkapasitas 150 kilovolt (kV) Donggala, dan SUTT 150 kV Incomer 2 Phi Donggala – Silae, serta SUTT 150 kV Incomer 2 Phi Donggala – Pasangkayu dengan capaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 88,14 persen.

“Pengoperasian sejumlah proyek tegangan tinggi di Donggala makin memperkuat sistem kelistrikan, termasuk di Sulawesi Tengah secara menyeluruh. Ini akan berdampak baik pada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat,” tegas Bupati Kabupaten Donggala, Kasman Lassa, kemarin.

Baca Juga : PLN UIP Sulawesi Ajak Masyarakat Sulut Jaga Habitat Macaca Nigra

Listrik yang kuat dan andal melalui pembangunan infrastruktur kelistrikan ini pun diharapkan akan dinikmati seluruh masyarakat Donggala yang berjumlah sekitar 340 ribu orang. Termasuk pada kegiatan ekonomi masyarakat, mulai dari pengusaha, nelayan, dan sektor jasa lainnya.

“Saya berharap listrik ini dapat dinikmati oleh kurang lebih 340 ribu penduduk yang tersebar di 16 kecamatan, 9 kelurahan, dan 158 desa. Mampu meningkatkan kesejahteran rakyat dari segala lini profesi yaitu nelayan, pengusaha, sektor jasa, pelayanan dan lainnya,” kata Kasman lagi.

Ia pun menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas rampungnya pembangunan sistem kelistrikan di Kabupaten Donggala.

Baca Juga : Kolaborasi PLN dan BPN Gorontalo Berhasil Amankan 17 Aset Negara

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Donggala, kami mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah membangun insfrastruktur kelistrikan di wilayah Kabupaten Donggala,” tutupnya.

Sementara, General Manager PLN UIP Sulawesi Defiar Anis mengatakan, pengoperasian infrastruktur ini ditandai dengan pemberian tegangan pertama (energize) untuk line 2 (sirkit II) pada 7 Desember 2022 pukul 17.00 WITA dan untuk line 1 (sirkit I) berhasil dienergize pada 14 Desember 2022 pukul 10.35 WITA.

Anis menjelaskan, kehadiran infrastruktur ini untuk meningkatkan keandalan serta memenuhi kebutuhan pasokan listrik bagi masyarakat Kabupaten Donggala. Sebab dinilai selama ini pasokan listrik di daerah RT tersebut masih dipasok melalui Gardu Induk Silae dan Pasangkayu.

Baca Juga : PLN Sediakan Air Bersih dan Sanitasi untuk Masyarakat Desa Torosiaje di Gorontalo

“Selama ini pasokan listrik untuk Kabupaten Donggala dipasok dari GI 150 kV Silae dan GI 150 kV Pasangkayu, di mana lokasi kedua GI ini cukup jauh mengakibatkan kualitas pasokan listrik tidak maksimal. Makanya dengan adanya GI 150 kV Donggala ini akan meningkatkan kualitas pasokan listrik bagi masyarakat,” ujar Anis.

Anis melanjutkan, infrastruktur ini juga untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Sulawesi Tengah guna memberikan kualitas pelayanan terbaik untuk masyarakat Kabupaten Donggala.

“Penyelesaian pembangunan GI ini merupakan bentuk komitmen PLN dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, dipastikan masyarakat Kabupaten Donggala dapat menikmati listrik yang andal,” tegas Anis.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646