0%
logo header
Jumat, 18 Agustus 2023 13:00

Masyarakat Nikmati Kemeriahan Resepsi Kenegaraan Kemerdekaan RI Tingkat Kabupaten Gowa

Chaerani
Editor : Chaerani
Sejumlah masyarakat Kabupaten Gowa saat menikmati penampilan penyanyi tanah air Virzha di malam Resepsi Kenegaraan Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Tingkat Kabupaten Gowa, di Pelataran Museum Istana Balla Lompoa, Kamis (17/08) malam kemarin. (Dok. Chaerani/Republiknews.co.id)
Sejumlah masyarakat Kabupaten Gowa saat menikmati penampilan penyanyi tanah air Virzha di malam Resepsi Kenegaraan Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Tingkat Kabupaten Gowa, di Pelataran Museum Istana Balla Lompoa, Kamis (17/08) malam kemarin. (Dok. Chaerani/Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Perhelatan malam Resepsi Kenegaraan Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Tingkat Kabupaten Gowa digelar di tempat terbuka.

Jika beberapa tahun terakhir perhelatannya dilaksanakan di Rumah Jabatan Bupati Gowa dengan dihadiri tamu-tamu khusus. Kini puncak perayaan HUT Kemerdekaan RI kembali dinikmati masyarakat umum di pelataran Museum Istana Balla Lompoa, Kamis (17/08/2023) malam kemarin.

“Pada malam kita kembali melaksanakan malam resepsi yang terbuka untuk umum dan masyarakat pasca Pandemi Covid-19,” terang Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, di sela-sela sambutannya.

Baca Juga : Pasangan Ideal, Jaringan Kesehatan Makassar Solid Dukung Appi-Aliyah

Adnan mengaku, selama tiga tahun perhelatan Resepsi Kenegaraan digelar dengan sederhana atau hanya dihadiri sejumlah tamu. Tetapi setelah pemerintah pusat melalui instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyatakan bahwa Covid-19 tidak lagi menjadi pendemi, sehingga seluruh kegiatan berkumpul dapat kembali dilaksanakan.

“Kita tidak melaksanakan kegiatan seperti ini mulai dari 2020, 2021 dan juga 2022. Namun Alhamdulillah karena pemerintah telah menyatakan pandemi Covid-19 telah berakhir sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan malam resepsi kenegaraan ini untuk seluruh lapisan masyarakat,” terangnya.

Adnan mengungkapkan, memaknai Kemerdekaan RI peran pemerintah hingga masyarakat bukan lagi melawan penjajah tetapi bagaimana terus mampu berinovasi, dan bekerja untuk membawa Kabupaten Gowa yang lebih baik dan lebih maju di masa yang akan datang.

Baca Juga : IOH Group dan Accenture Siap Bangun Peradaban Ekonomi Digital Indonesia

“Peran kita saat ini bagaimana menuntaskan kemiskinan yang ada, peran kita saat ini bagaimana mengurangi angka pengangguran yang ada. Termasuk juga berlomba-lomba dengan seluruh kabupaten dan kota agar terus mampu mencetak suatu prestasi demi prestasi demi membawa daerah kita lebih baik lagi di masa yang akan datang,” tegas Adnan.

Pada Resepsi Kenegaraan RI Ke-78 Tingkat Kabupaten Gowa ini, Bupati Gowa hadir bersama Wakilnya Abd Rauf Malaganni, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Kamsina, seluruh pimpinan Forkopimda Kabupaten Gowa, dan seluruh pimpinan SKPD Pemkab Gowa.

Selanjutnya hadir pula Ketua TP PKK Gowa Priska Pramita Adnan bersama Wakilnya Mussadiyah Rauf, para tamu undangan dari mitra pemerintah daerah, dan lainnya.

Baca Juga : Srikandi PLN Hadir Beri Dukungan TJSL Hingga UMKM di Kota Makassar

Sementara, Citra salah satu warga Pallangga mengatakan, dirinya merasa senang bisa melihat langsung malam resepsi perayaan HUT Kemerdekaan RI di Gowa. Apalagi, kegiatan ini menghadirkan penyanyi nasional seperti Virzha.

“Kita sangat senang karena bisa nonton artis dengan gratis. Kami berterimakasih sama bapak bupati dan wakil bupati karena kegiatan ini dibuka untuk umum dan kita bisa masuk tanpa bayar, makanya kami sangat menikmati,” ujar pegawai swasta ini.

Ketua Panitia HUT Ke-78 RI Kabupaten Gowa Kamsina menyebutkan, ragam lomba yang dilaksanakan untuk memeriahkan HUT Ke-78 RI. Mulai dari lomba kebersihan, lomba menyanyi antar sekretaris/kabid SKPD, dan pertandingan bulu tangkis antar SKPD.

Baca Juga : Pemkab Gowa Gandeng BPS Fokuskan Perbaikan Data Statistik

“Ada juga lomba makan kerupuk dan balap karung antar SKPD, lomba lari kelereng, memasukkan pensil kedalam botol dan lomba, senam antar SKPD, tarik tambang antar skpd pawai dan gerak jalan antar SKPD, gerak jalan antar pelajar (SD, SMP dan SMA), gerak jalan santai, lomba kupas bawang dan pukul bantal,” terang Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa ini.

Menurutnya, berbagai rangkaian kegiatan yang dilakukan ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Termasuk untuk membangun semangat kebangsaan, kebersamaan, kekompakan dan jiwa kompetitif yang sehat dan kuat,” ungkapnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646