0%
logo header
Rabu, 31 Juli 2024 11:08

NMAX Tour Boemi Nusantara, Ajang Uji Performa NMAX Turbo Taklukan Jalur Indonesia

Rizal
Editor : Rizal
Yamaha kembali menggelar rangkaian touring jarak jauh bertajuk NMAX Tour Boemi Nusantara (NTBN) yang akan berlangsung dari tanggal 25 Juli hingga Oktober 2024 mendatang. (Foto: Istimewa)
Yamaha kembali menggelar rangkaian touring jarak jauh bertajuk NMAX Tour Boemi Nusantara (NTBN) yang akan berlangsung dari tanggal 25 Juli hingga Oktober 2024 mendatang. (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Setelah sukses menggelar kegiatan workshop dan test ride pada Juni 2024 lalu, Yamaha kembali memfasilitasi para awak media dan juga komunitas untuk menjajal berbagai keunggulan yang dimiliki oleh NMAX Turbo.

Kali ini, kegiatan yang berorientasi pada riding experience itu dibalut dalam rangkaian touring jarak jauh bertajuk NMAX Tour Boemi Nusantara (NTBN) yang akan berlangsung dari tanggal 25 Juli hingga Oktober 2024 mendatang.

Terbagi kedalam 13 etape perjalanan yang melintasi 6 pulau besar di Indonesia, yaitu Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sumatera, Sulawesi dan juga Kalimantan. Para peserta akan diajak mengeksplorasi keindahan alam dan budaya Indonesia, sembari membuktikan langsung performa dan kecanggihan fitur baru pada motor dalam mendukung kebutuhan mobilitas jarak jauh.

Baca Juga : Satgas TMMD Ke-122 Kodim 1425 Jeneponto Rehab Rumah Warga Kurang Mampu

“Yamaha menggelar kegiatan touring jarak jauh bertajuk NMAX Tour Boemi Nusantara selama empat bulan kedepan. Tidak hanya mengeksplorasi keindahan alam dan ragam budaya Indonesia, tapi touring ini juga turut menjadi momen pembuktian berbagai fitur-fitur canggih yang dimiliki NMAX Turbo dalam menaklukan berbagai macam medan jalan di Indonesia,” kata Asst General Manager Marketing-Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Antonius Widiantoro.

Etape pertama rangkaian touring NTBN sendiri, mengambil rute perjalanan Jakarta-Yogyakarta sejauh lebih dari 500 kilometer yang berlangsung pada 25-27 Juli.

Pada hari pertama perjalanan, rombongan peserta yang terdiri dari puluhan awak media nasional dan komunitas Maxi Yamaha mengambil titik start dari Yamaha Flagship Shop, Cempaka Putih, Jakarta dan langsung menuju Kota Cirebon melalui jalur Pantura.

Baca Juga : Peringatan HUT ke-79 TNI di Selayar, Memperkuat Sinergi Prajurit dan Rakyat Menuju Indonesia Maju

Menariknya saat menyambangi Kota Cirebon, para peserta sempat disambut dan diportal oleh anggota komunitas MAXi setempat.

Esok harinya, setelah puas berkeliling mendatangi landmark ikonik di Kota Cirebon, rombongan bergerak menuju dataran tinggi Dieng via Bawang-Khayangan. Jalur ini cukup menantang, pasalnya didominasi dengan tanjakan dan turunan panjang yang disertai tikungan-tikungan tajam.

Namun di sisi lain, pada momen inilah para awak media yang mengendari NMAX Turbo justru dapat mencoba fitur Riding Mode dan Y-shift secara lebih optimal.

Baca Juga : Kolaborasi Indosat dan Padivalley Dorong Keterampilan Golfer Pemula

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Farhan Maulana Syarif, salah satu anggota Komunitas YRFI yang ikut dalam event ini.

“Jalur menuju Dieng via Bawang benar-benar menantang. Tanjakan dan turunan curam yang panjang disertai tikungan tajam sangat menguji skill berkendara. Tapi justru kondisi ini cocok untuk mencoba teknologi YECVT yang ada di NMAX Turbo. Bagi saya pribadi sensasi berkendara turbonya bukan gimmick,” kata Farhan.

“Tanjakam curam bisa dilibas tanpa kendala. Saat turunan curam pun sama, tinggal mainin Y-Shift-nya, motor langsung deselerasi secara instan. Motor ini benar-benar fun to ride,” tambahnya.

Baca Juga : Fun Run IM3 di Makassar akan Dimeriahkan Pertunjukan Zumba

Setibanya di Dieng, peserta pun menginap semalam, dan esok harinya menyempatkan diri untuk mengeksplorasi beberapa spot wisata di sana, seperti Candi Arjuna dan juga Batu Pandang yang merupakan lokasi titik 0 dataran tinggi Dieng yang memang menyuguhkan pemandangan yang sangat eksotis.

Setelah puas mengeksplorasi spot wisata, perjalanan kemudian dilanjutkan ke Kota Yogyakarta melalui Magelang dan finish di Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Candi Prambanan sendiri dipilih sebagai lokasi finish Etape 1 perjalanan touring NTBN karena menjadi tempat perhelatan event akbar MAXI Yamaha Day 2024 untuk yang pertama kalinya.

Selama melakoni kegiatan touring 3 hari bersama NMAX Turbo, banyak apresiasi yang diberikan oleh awak media terhadap performa berkendara motor. Selain puas dengan fungsi fitur Y-Shift dan juga Riding Mode yang memberikan feeling berkendara baru, riding position NMAX generasi anyar juga dinilai lebih nyaman dibanding model sebelumnya.

Baca Juga : Fun Run IM3 di Makassar akan Dimeriahkan Pertunjukan Zumba

Pasalnya, desain body bagian tengah dirasa lebih ramping sehingga membuat posisi kaki dapat lebih leluasa menjempit area rangka deck tengah.

“Untuk saya yang punya postur badan cukup tinggi, posisi riding NMAX Turbo ini enak dan ergonomis. Selain ruang kakinya lega untuk selonjoran sehingga tidak mudah pegal. Area body tengahnya juga lebih ramping, kaki pun terasa lebih nge-grip ke area deck motor untuk membantu manuver yang lebih lincah,” kata Benny Suryakusumah, salah satu media yang turut ikut dalam kegiatan touring tersebut.

Saat ini, rangkaian event NMAX Tour Boemi Nusantara sedang memasuki etape kedua, dengan mengambil rute Jogjakarta-Madiun-Surabaya pada 29-31 Juli. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646