0%
logo header
Selasa, 17 September 2024 17:56

PPP Parangloe Semakin Mudahkan Masyarakat Akses Layanan Publik

Chaerani
Editor : Chaerani
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat hadir meresmikan PPP Kecamatan Parangloe, beberapa hari lalu. (Dok. Humas Gowa)
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat hadir meresmikan PPP Kecamatan Parangloe, beberapa hari lalu. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Kehadiran Pos Pelayanan Publik (PPP) yang dibangun Pemerintah Kabupaten Gowa di Kelurahan Lanna, Kecamatan Parangloe semakin memudahkan akses layanan ke masyarakat. Hal ini pun akan membantu masyarakat memperoleh pelayanan yang lebih baik dari sebelumnya.

Salah satu warga Parangloe Marham, menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati dan Wabup Gowa karena mampu menghadirkan PPP yang sangat dibutuhkan masyarakat. Dengan akses yang mudah dijangkau ini tentunya akan mengurangi biaya operasional masyarakat.

“Keberadaan PPP pada setiap kecamatan sangatlah membantu masyarakat terkait dengan urusan-urusan pelayanan baik administrasi, pelayanan umum, maupun pelayanan yang lainnya,” ungkapnya, di sela-sela peresmian, kemarin.

Baca Juga : OJK: Aset Perbankan Syariah di Sulsel Tumbuh 18,55 Persen

Ia berharap, PPP ini terus beroperasi dengan baik sehingga terus memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Parangloe.

Sementara, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, PPP ini dirancang untuk mempermudah sekaligus mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Pasalnya PPP ini terintegrasi dengan sistem pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Gowa untuk pengurusan di beberapa SKPD terkait, sehingga mampu mengurangi beban pengeluarannya tanpa harus datang ke Kota Sungguminasa.

“Posisi PPP ini hampir sama dengan MPP yang kita bangun, namun PPP dikhususkan bagi masyarakat dataran tinggi agar tidak perlu ke Sungguminasa dan itu akan menghemat biaya. Cukup ke PPP karena semua jaringan atau sistem terkoneksi dengan pelayanan dinas terkait salah satunya pelayanan Disdukcapil,” ungkap Adnan.

Baca Juga : New Fortuner 2024 Miliki Performa Menakjubkan, Produk Pertama Dengan Fitur T Intouch

Beberapa pelayanan yang akan ada di PPP ini kata Adnan yakni pengurusan KTP, KK, akte kelahiran, akte kematian dan pengurusan kependudukan lainnya yang merupakan kebutuhan sebagian besar masyarakat. Tak hanya itu, dalam PPP itu juga melayani pembayaran PBB, BPHTB, hingga pelayanan untuk perizinan berusaha maupun non berusaha.

“Alhamdulillah tahun ini telah selesai enam PPP dan tahun ini juga tiga lainnya dalam tahap pembangunan. Ini sudah menjadi janji kami untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat melalui pembangunan PPP tersebut, sehingga diharapkan bisa dimnfaatkan seluruh lapisan masyarakat yang ada,” jelasnya.

Sementara, Camat Parangloe Muh. Nur Agung MK mengatakan, PPP ini akan sangat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat yang ingin memperoleh pelayanan sehingga tidak perlu lagi ke Kota Sugguminasa.

Baca Juga : Diklaim Dukung Salah Satu Calon Gubernur Sulsel, Prof NA: Saya Fokus Urus Bisnis Saja

Dengan adanya PPP ini akan membantu masyarakat mendapatkan layanan yang dibutuhkan. Antara lain, administrasi kependudukan, perizinan usaha dan non berusaha, informasi dan pembayaran pajak bumi dan bangunan, serta fasilitas bantuan kepada para pelaku UMKM melalui klinik UMKM secara lebih efisien, dan cepat.

Dirinya menyebut, Pos Pelayanan Publik Kecamatan Parangloe ini terintegrasi dengan MPP yang berada di Sungguminasa. Sehingga menunjukkan bentuk komitmen Bupati dan Wakil Bupati Gowa untuk memberikan pelayanan prima bagi seluruh masyarakat Kabupaten Gowa khususnya di Kecamatan Parangloe.

“PPP ini sudah terdapat beberapa gerai pelayanan dari beberapa instansi seperti Disdukcapil, Bapenda, Dinas PTSP, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa dan Dinas Koperasi dan UMKM. Kami mempunyai delapan orang tenaga operator yang sudah dilatih oleh badan atau dinas terkait demi kelancaran pelayanan kepada masyarakat,” tambahnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646