0%
logo header
Jumat, 16 Juni 2023 18:06

SADIQ Maros Didorong Jadi Pusat Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Berkonsep Green Therapy

Chaerani
Editor : Chaerani
SADIQ Maros menawarkan konsep sekolah dengan alam terbuka atau dinilai telah mampu menerapkan Special Needs Green Therapy (SNGT). Konsep ini dinilai mampu menjadikannya sebagai pusat layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. (Dok. SADIQ Maros)
SADIQ Maros menawarkan konsep sekolah dengan alam terbuka atau dinilai telah mampu menerapkan Special Needs Green Therapy (SNGT). Konsep ini dinilai mampu menjadikannya sebagai pusat layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. (Dok. SADIQ Maros)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAROS — Sekolah ALam Darul Istiqamah (SADIQ) Maros dinilai memiliki potensi menjadi pusat layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Bahkan dengan konsep sekolam alam terbukanya, SADIQ Maros dinilai dapat menjadi pusat Green Therapy Indonesia Timur yang ramah anak berkebutuhan khusus.

Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Riza Sativani Hayati mengaku, SADIQ Maros dinilai telah mampu menyediakan layanan Special Needs Green Therapy (SNGT). Konsep inilah yang disebut mampu menstimulasi anak melalui bahan alam atau di area alam terbuka.

“Konsep Green Therapy tersebut memang lebih sering dimanfaatkan bagi anak berkebutuhan khusus. Mulai anak dengan Autism, anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), anak dengan Speech Delay, dan ragam kebutuhan khusus lainnya,” katanya dalam keterangannya, Jumat (16/06/2023).

Baca Juga : KPU Undi Nomor Urut Paslon Bupati dan Wabup Gowa: Aurama’ 1, Hati Damai 2

Riza yang juga penggagas konsep pendidikan di SADIQ Maros ini menilai, banyaknya manfaat dari Green Therapy ini mendorong SADIQ untuk menjadi pusat Green Therapy di Indonesia Timur melalui pemanfaatan potensi lingkungan belajarnya. SADIQ memiliki banyak potensi sehingga didorong menjadi pusat green therapy. Di antaranya, memiliki SDM mumpuni dalam menerapkan konsep SNGT, dan memiliki ruang terbuka yang cukup dengan luas sekitar lima hektare.

“SADIQ juga miliki fasilitas yang mendukung SNGT seperti taman, bioflok, stable berkuda, kolam renang, green house. Kelebihan itulah yang menjadi modal utama dalam pengembangan pusat Green Therapy Indonesia Timur bagi anak berkebutuhan khusus,” jelasnya.

Program ini lanjut Riza, merupakan program kolaborasi yang digagas bersama Mira Safar, seorang praktisi anak berkebutuhan khusus yang juga merupakan Pemilik Sekolah Alam Baturraden Purwokerto.

Baca Juga : Ini Nomor Urut 4 Pasangan Calon yang Bertarung di Pilkada Jeneponto 2024

Ada pun terdapat dua program yang diterapkan dalam mendorong SADIQ Maros menjadi pusat Green Theraphy Indonesia Timur bagi anak berkebutuhan khusus. Di antaranya, bimbingan teknis bagi guru sekolah alam se-Provinsi Sulawesi Selatan, dan seminar parenting SNGT bagi kepala sekolah dan orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646