0%
logo header
Kamis, 01 April 2021 19:07

Sambangi Sinjai, Tim Verifikasi Sulsel Bedah Dokumen Kabupaten Sehat

Sambangi Sinjai, Tim Verifikasi Sulsel Bedah Dokumen Kabupaten Sehat

REPUBLIKNEWS.CO.ID,SINJAI — Tim verifikasi Provinsi Sulawesi Selatan menyambangi kabupaten sinjai untuk melakukan penilaian Open Defecation Free (ODF) kabupaten sehat.

Setelah diterima lansung Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong di Rumah Jabatan (Kamis, 1/4/2021) pagi, tim verifikasi melanjutkan kegiatannya dengan mengunjungi Sekretariat Tim Pembina Forum Kabupaten Sehat untuk menverifikasi berkas dokumen.

Tim Verifikasi Propinsi Sulawesi Selatan, Kasri mengatakan, kami dari tim verifikasi lintas sektor dari dinas kesehatan dan Bapedda provinsi Sulawesi Selatan melakukan verifikasi sekaligus memberikan pembinaan terhadap pelaksanaan kabupaten kota sehat di kabupaten Sinjai.

Baca Juga : Semua Lebih Mudah, Kalla Toyota Tawarkan 14 Kemudahan Bagi Pelanggan

” Kita akan menverifikasi kabupaten yang telah mengklaim bahwa masyarakatnya tidak ada lagi yang buang air disembarang tempat,” ucapnya.

Menurutnya, penilaian ini melihat beberapa indikator termasuk delapan tatanan di Sinjai dan indikator ada lebih 200 yang harus dipenuhi untuk bisa dinyatakan lolos mengikuti verifikasi tingkat pusat dengan skor nilai 80 persen.

” Pagi ini kami akan bedah dokumen kabupaten sehat dan setelah itu verifikasi ODF yang berdialog lansung dengan masyarakat sesuai dengan sampel yang akan kami tunjuk secara random” ungkapnya.

Baca Juga : New Fortuner Mengaspal di Makassar, Makin Tangguh dan Berteknologi Canggih

Sementara itu, Wakil Ketua Forum Kabupaten sehat, Yusuf Ahmad mengungkapkan telah menyiapkan dokumen hasil kegiatan tahun 2019 dan 2020 dan objek kunjung untuk diverifikasi oleh tim dari provinsi serta program yang akan dilaksanakan ditahun 2021

” Untuk objek kunjungan yakni Pokja kelurahan bongki, desa saukang, desa Panaikang, dare baca di saukang dan tatanan pariwisata di pantai mallenreng,” jelasnya.

Yusuf berharap mudah-mudahan dari verifikasi ini kabupaten Sinjai bisa lolos ditingkat nasional serta mendapatkan pembinaan dari tingkat provinsi dan tetap mempertahankan piala Swasti Saba Wistara. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646