0%
logo header
Kamis, 20 Juni 2024 15:43

Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa Muara Badak untuk Desa yang Maju

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Sekda Kutai Kartanegara, Sunggono, saat memberikan sambutan. (Istimewa)
Sekda Kutai Kartanegara, Sunggono, saat memberikan sambutan. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Aparatur desa di Kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono, di Hotel Aston Samarinda, Kamis (20/06/2024).

Kegiatan yang diikuti 118 peserta ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan aparatur desa dalam menjalankan tugas dan fungsinya, sehingga dapat mewujudkan desa yang maju dan mandiri.

Sunggono dalam arahannya mengatakan bahwa desa merupakan ujung tombak pembangunan, sehingga peran aparatur desa sangatlah penting.

Baca Juga : Edi Damansyah: Posyandu Edelweis Jadi Simbol Komitmen Kukar Perangi Stunting

“Aparatur desa harus memiliki kapasitas yang mumpuni untuk menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik,” ujar Sunggono.

Melalui pelatihan ini, aparatur desa diharapkan dapat memahami tugas dan fungsinya dengan lebih baik, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat, serta meningkatkan kemampuan dalam mengelola keuangan desa dan membangun komunikasi serta kerjasama dengan berbagai pihak.

Sunggono menekankan pentingnya pengelolaan keuangan desa yang baik dan transparan.

Baca Juga : Apresiasi dan Dukungan Penuh dari Bupati Kukar untuk Kader Posyandu Loa Kulu dalam Melawan Stunting

“Dengan kemampuan pengelolaan keuangan desa yang baik, pemerintah desa dapat menetapkan APBD-Des tepat waktu dan dilakukan secara transparan dan bertanggung jawab,” tegasnya.

Sunggono berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat desa.

“Gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat desa,” harapnya.

Baca Juga : Akses Air Minum di Kukar Semakin Luas, SPAM Argosari Diresmikan Bupati Edi Damansyah

Pelatihan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas aparatur desa dan mewujudkan desa yang maju dan mandiri. Dengan aparatur desa yang cakap dan mumpuni, diharapkan desa-desa di Kukar dapat berkembang dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646