0%
logo header
Minggu, 14 Agustus 2022 23:29

Untuk Pertama Kalinya, Kaum Difabel Bulukumba Ikut Semarakkan Kemerdekaan

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Ketua, pengurus INTI Bulukumba bersama sejumlah Jurnalis dan tokoh masyarakat foto bersama dengan para Penyandang Disabilitas, Minggu (15/08/2022). (Ist)
Ketua, pengurus INTI Bulukumba bersama sejumlah Jurnalis dan tokoh masyarakat foto bersama dengan para Penyandang Disabilitas, Minggu (15/08/2022). (Ist)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BULUKUMBA — Orang dengan disabilitas Bulukumba antusias mengikuti semarak Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 77, Senin, 15 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Pemuda Bulukumba, yang diinisiasi Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Cabang Bulukumba.

Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas PPDI Bululumba, Suherman mengatakan dia bersama penyandang disabilitas sangat bahagia dilibatkan dalam rangka memperingati HUT RI ke-77.

Baca Juga : Di Era Andi Utta-Edy Manaf Warga Bulukumba Sudah Nikmati 295 Kilometer Jalan Mulus

Karena sejak kemerdekaan Indonesia 1945, baru kali ini ada kegiatan yang khusus melibatkan orang yang berkebutuhan khusus.

“Terima kasih buat INTI, membuat semarak kemerdekaan seperti ini, semoga akan ada kegiatan serupa di tahun akan datang,” kata Suherman.

Terus terang, kata Suherman, rasa haru dan bahagia bercampur aduk melihat antusias saudara saudara penyandang Disabilitas dalam mengikuti lomba.

Baca Juga : Gerindra Solid, Andi Usdar Siapkan Ribuan Tim untuk ‘Doboloki’ Andi Utta-Edy Manaf di Pilkada Bulukumba

“Kami tidak pernah membayangkan,kalau akan semeriah ini. Satu catatan buat saya pribadi, kalau ternyata rasa percaya diri saudara saudara kami penyandang Disabilitas ternyata sungguh sangat luar biasa untuk tampil di ruang publik,” jelas Suherman.

Dalam kegiatan tersebut, INTI Bulukumba mengandeng Jurnalis Bulukumba dalam menyemarakkan kemerdekaan bersama kaum difable.

Beberapa kegiatan seperti, balap karung, lomba kelereng, tarik tambang dan makan kerupuk.

Baca Juga : Bantu Gerakkan Ekonomi, Jambore PKK Bulukumba Hadirkan Ribuan Peserta

“Bukan lomba, ini cuma menyemarakkan kemerdekaan, semua kaum difable dapat bingkisan dari INTI,” kata Ketua Panitia, Ifa Musdalifa.

“Bahwa selama ini para penyandang disabilitas tidak pernah diberi ruang untuk berkreasi padahal juga memiliki keterampilan yang luar biasa, buktinya banyak penyandang disabilitas yang mendapatkan juara saat mengikuti kegiatan lomba di luar daerah,” jelas Ifa.

Ketua INTI Bulukumba, Christ Thamrin, mengaku sangat berbahahia dengan kegiatan semarak kemerdekaan bersama kaum difable.

Baca Juga : Bakal Serap Tenaga Kerja, Ketua Serikat Buruh Dukung Industri Petrokimia Masuk Bulukumba

” Hari ini kita sangat senang karena bisa berbagi kebahagiaan dengan teman teman disabilitas, terlihat teman teman semua begitu menikmati lomba-lomba dan kami dari pengurus INTI Bulukumba begitu terharu bisa melihat mereka semua bisa bergembira merayakan hut RI yang ke 77,” katanya.

Selain bingkisan, kegiatan INTI Bulukumba yang dihadiri Kapolres Bulukumba, AKBP Suryono Ridho Murtedjho juga membagikan kursi roda dan Kruk atau tongkat penyandang disabilitas.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646