0%
logo header
Selasa, 13 Agustus 2024 14:37

Wujudkan Perda yang Efektif dan Berkelanjutan, Pansus RPJPD DPRD Sulsel Kunker ke Bappeda DKI Jakarta

Rizal
Editor : Rizal
Pansus Ranperda RPJPD Tahun 2025-2045 DPRD Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor Bappeda DKI Jakarta, Senin (12/8/2024). (Foto: Istimewa)
Pansus Ranperda RPJPD Tahun 2025-2045 DPRD Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor Bappeda DKI Jakarta, Senin (12/8/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA – Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 DPRD Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta, Senin (12/8/2024).

Kunjungan kerja ini merupakan salah satu upaya strategis untuk mengembangkan RPJPD Provinsi Sulawesi Selatan yang efektif dan berkelanjutan.

Rombongan tersebut dipimpin langsung oleh Fahruddin Rangga selaku ketua pansus dan Andi Muhammad Anwar Purnomo selaku wakil ketua pansus. Hadir pula perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Provinsi Sulsel.

Baca Juga : Tingkatkan Kapasitas SDM Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan, KPU Sulsel Gelar Rakor

Rombongan diterima oleh pihak Bappeda DKI Jakarta yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Kartiono Agung Trimanto, serta Fungsional Bappeda Provinsi DKI Jakarta, Muis Sudarmaji.

Dalam pertemuan tersebut, Pansus DPRD Sulsel dan Bappeda DKI Jakarta membahas berbagai aspek penting terkait penyusunan RPJPD. Pansus DPRD Sulsel memanfaatkan kesempatan ini untuk menggali informasi serta pendekatan perencanaan yang telah diterapkan oleh DKI Jakarta dalam menyusun RPJPD mereka.

“Kita berharap Sulsel dapat mengambil pelajaran berharga dari pengalaman DKI Jakarta dalam perencanaan pembangunan jangka panjang yang berorientasi pada keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Ketua Pansus RPJPD Sulsel, Fahruddin Rangga.

Baca Juga : Azhar Arsyad Rangkul Aktivis, Ajak Berjuang dan Menang Bersama

Menurutnya, tujuan utama dari kunjungan kerja ini adalah untuk melakukan konsultasi terkait penyusunan Ranperda tentang RPJPD Sulsel Tahun 2025-2045. Konsultasi ini diharapkan dapat membantu Pansus DPRD Sulsel dalam menyusun RPJPD yang lebih komprehensif.

“Tentunya dengan mempertimbangkan berbagai aspek teknis dan strategis yang relevan, termasuk perkembangan teknologi, dinamika sosial ekonomi, dan tantangan lingkungan di masa mendatang,” tambah Rangga.

Selain itu, katanya, melalui kunjungan ini, DPRD Sulsel juga berupaya untuk memperkuat sinergi antar pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan pembangunan yang lebih terintegrasi dan harmonis, tidak hanya di Sulawesi Selatan tetapi juga di tingkat nasional.

Baca Juga : Kolaborasi Huadi Group dan CTC Australia, Manfaatkan Slag untuk Kurangi Emisi Karbon

“Dengan penyusunan RPJPD yang matang dan terencana dengan baik, diharapkan Sulawesi Selatan dapat mencapai visi pembangunan jangka panjang yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi seluruh lapisan masyarakat,” tutupnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646