0%
logo header
Minggu, 18 Agustus 2024 22:26

Yamaha NMax Turbo Usung Teknologi YECVT, Motor Jadi Lebih Responsif

Rizal
Editor : Rizal
Teknologi Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT) yang diusung Yamaha NMax Turbo. (Foto: Istimewa)
Teknologi Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT) yang diusung Yamaha NMax Turbo. (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Inovasi baru disematkan Yamaha Indonesia pada varian produk terbarunya, yakni Yamaha NMax Turbo. Sepeda motor ini mengadopsi teknologi Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT).

YECVT ini merupakan teknologi yang pertama kalinya digunakan oleh Yamaha. Fungsi utamanya yakni membuat motor lebih responsif. Makanya, varian NMax terbaru ini menyandang status turbo.

Teknologi YECVT ini tak seperti sistem CVT konvensional yang memanfaatkan roller dengan gerak sentrifugal, melainkan bekerja dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus.

Baca Juga : Satgas TMMD Ke-122 Kodim 1425 Jeneponto Rehab Rumah Warga Kurang Mampu

Hasilnya, teknologi ini membuat akselerasi motor lebih instan dan dapat diatur secara fleksibel. Caranya, cukup menekan tombol shift pada sisi kiri stang motor, dengan tiga pilihan akselerasi, yakni low, medium, dan high.

Pilihan akselerasi tersebut dapat digunakan pengendara pada kondisi tertentu. Seperti untuk mendahului kendaraan yang membutuhkan akselerasi di depan atau melibas tanjakan.

Yamaha NMax Turbo ini juga menawarlan dua riding mode, yakni S-Mode untuk perjalanan jarak jauh atau touring, serta T-Mode untuk mobilitas perkotaan. Motor ini dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW/8.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm/6.500 Rpm.

Baca Juga : Peringatan HUT ke-79 TNI di Selayar, Memperkuat Sinergi Prajurit dan Rakyat Menuju Indonesia Maju

Hasil pengetesan di internal Yamaha dengan menggunakan mode berkendara S menunjukkan bahwa NMax Turbo mampu berakselerasi lebih cepat untuk menempuh jarak 200 meter, dibandingkan dengan Nmax generasi sebelumnya. Selisih jaraknya terpaut 9,2 meter.

Perbedaan paling mencolok juga ada pada bagian kokpit dimana area layar Multi-Infotainment Display dibuat sangat detail untuk merefleksikan kesan mewah, informatif serta memudahkan akses tangan pengendara dalam mengoperasikan setiap fitur yang terdapat di stang kemudi.

Trainer Service Yamaha Institute Makassar dari PT Suracojaya Abadimotor (SJAM), Helly menjelaskan bahwa teknologi YECVT memungkinkan pengendara untuk memaksimalkan tenaga NMax Turbo mencapai 11,3 kW pada 8.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm pada 6.500 Rpm.

Baca Juga : Kolaborasi Indosat dan Padivalley Dorong Keterampilan Golfer Pemula

“Ini kalau ditekan bisa memberikan sensasi turbo,”kata Helly, Selasa (6/8/2024) lalu.

Sementara itu, TSG Warranty Main Dealer Makassar PT SJAM, Ridwan Dodi menjamin garansi perawatan median NMax Turbo untuk menjaga performanya.

Menurutnya, Yamaha memberikan garansi selama lima tahun. Garansi tersebut meliputi blok, silinder dan piston serta frame atau rangka.

Baca Juga : Fun Run IM3 di Makassar akan Dimeriahkan Pertunjukan Zumba

“Garansi tiga tahun semua komponen di engine (mesin). Garansi dua tahun YECVT. Fasilitas garansi ini syaratnya harus rutin melakukan servis berkala, minimal tiga sampai empat bulan sekali,” demikian Dodi. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646