0%
logo header
Selasa, 24 Januari 2023 19:29

501 Anggota PPS KPU Gowa Dilantik, Diminta Bantu Sukseskan Pemilu 2024

Chaerani
Editor : Chaerani
Ketua KPU Gowa Muhtar Muis saat melantik dan mengambil sumpah anggota PPS pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kabupaten Gowa di Four Point by Sheraton Makassar, Selasa (24/01). (Dok. Humas Gowa)
Ketua KPU Gowa Muhtar Muis saat melantik dan mengambil sumpah anggota PPS pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kabupaten Gowa di Four Point by Sheraton Makassar, Selasa (24/01). (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Sebanyak 501 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari Komisi Penyelenggara Umum (KPU) Kabupaten Gowa resmi dilantik. Mereka berasal dari 18 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Gowa.

Pelantikan anggota PPS merupakan salah satu rangkaian dari tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Pada tahapan proses seleksi sebanyak 2.000 orang yang tercatat mengikuti pendaftaran untuk menjadi anggota PPS KPU Kabupaten Gowa.

Ketua KPU Gowa Muhtar Muis mengatakan, pada proses seleksi anggota PPS seluruh peserta yang mendaftar mengikuti tahapan seleksi yang ketat. Sebab, tugas dan wewenang anggota PPS nantinya akan berlangsung hingga satu tahun kedepan atau selama proses tahapan Pemilu 2024 berjalan.

Baca Juga : Gelar Seminar Nasional Arbitrase, Fakultas Hukum Unhas Siap Bermitra dengan BANI

“Kami meyakini bahwa pilihan kami mungkin tidak semuanya sempurna ada beberapa yang diprotes ada beberapa yang disanggah setelah diumumkan nama-namanya, tapi kami meyakini nama-nama yang kami pilih melalui proses panjang,” katanya di sela-sela Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kabupaten Gowa, di Lily Ballroom, Four Points Hotel By Sheraton, Makassar, Selasa, (24/01/2023).

Menurutnya, keberadaan anggota PPS merupakan ujung tombak penyelenggaraan pemilihan umum di berbagai daerah, termasuk di Kabupaten Gowa. Olehnya, sangat diharapkan nantinya dapat ikut menyukseskan pesta demokrasi di tahun mendatang.

Muhtar berharap, ratusan anggota PPS juga bisa menjalankan amanah dan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan pakta integritas yang ada. Di mana anggota PPS berpegang teguh pada independensi integritas, sehingga yakin dan percaya bisa menjalankan amanah dan tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga : 70 Warga Binaan Penyalahgunaan Narkotika Rutan Makassar Ikut Program Rehabilitasi Medis

“Kami harapkan teman-teman PPS di seluruh kecamatan bisa menjalankan amanah, menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Mengikuti seluruh poin-poin yang ada dalam pakta integritas,” tegas Muhtar.

Sementara, Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni mengatakan, dengan dilantiknya anggota PPS ini tentunya menjadi penanda KPU Gowa siap dalam mensukseskan Pemilu 2024. Apalagi, pada penyelenggaraan pesta demokrasi nantinya dilaksanakan secara serentak di tahun yang sama, mulai dari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, pemilihan anggota DPR, DPD, dan DPRD. Kemudian dilanjutkan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) seperti Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta pemilihan Walikota dan Wakil Walikota.

“Ini bukan pekerjaan yang mudah, ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kita khususnya Kabupaten Gowa yang kita cintai bersama. Sehingga kita harapkan pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar dan adil,” katanya.

Baca Juga : Event Beautiful Malino Berhasil Masuk KEN Kemenparekraf 2023

Tak hanya itu, anggota PPS yang dilantik juga diharapkan harus mampu mengelola jumlah pemilih yang cukup besar di Kabupaten Gowa, yakni sebanyak 534.183 pemilih dimana laki-laki sebanyak 288.939 orang dan perempuan sebanyak 275.244 orang

“Dalam mengelola ini tidak gampang di wilayah Kabupaten Gowa yang terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi yang cukup luas dengan kondisi geografis yang sangat beragam dan berbeda dengan jumlah penyelenggara yang sangat terbatas, sehingga butuh kerja sama dan kekompakan dari seluruh pihak,” harap Abd Rauf.

Ia mengungkapkan, pihaknya juga akan mendukung seluruh kerja-kerja KPU dan jajaran penyelenggara lainnya agar pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan sukses. Hal penting lainnya adalah dengan memberikan pendidikan politik kepada masyarakat untuk sadar bahwa dalam menghasilkan pemilu yang bermutu dan bermartabat perlu ada peran serta yang melibatkan masyarakat, serta perlu menanamkan nilai-nilai demokrasi dan pelibatan masyarakat dalam proses demokrasi.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646