0%
logo header
Rabu, 01 Mei 2024 15:02

Akbar Ali Ikuti Syawalan Persyarikatan Muhammadiyah, Ajak Terus jadi Pemersatu Bangsa

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Akbar Ali Ikuti Syawalan Persyarikatan Muhammadiyah, Ajak Terus jadi Pemersatu Bangsa

REPUBLKNEWS.CO.ID, PAREPARE – Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali mengikuti acara Syawalan yang dilaksanakan oleh Persyarikatan Muhammadiyah Kota Parepare beserta seluruh ortom lingkup Muhammadiyah di Auditorium BJ Habibie, Rumah Jabatan Wali Kota Parepare. Rabu, (1/5/2023).

Hadir sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare dan Forkopimda.

Dalam sambutannya, Akbar Ali atas nama pemerintah daerah menyambut dengan rasa suka cita dan bahagia atas pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai sebuah momentum dalam proses mempererat ikatan tali silaturahim terkhusus di internal Persyarikatan Muhammadiyah terlebih lagi masih berada dalam suasana bahagia di Bulan Syawal setelah melewati Bulan Suci Ramadhan.

Baca Juga : Kemarau Melanda, PAM Tirta Karajae Siapkan Armada Pengisian Air Gratis untuk Warga Parepare

“Di samping sebagai ajang menjaga kualitas silaturahim itu sendiri, Tradisi syawalan yang lebih familiar kita sering mendengar dengan istilah Halal Bi Halal, juga menjadi ajang untuk saling berbagi informasi antara satu dengan yang lain. Apalagi dalam sebuah wadah Persyarikatan Muhammadiyah sebagai ormas terbesar di Indonesia yang tidak lagi diragukan peranannya dalam membangun sebuah peradaban di Indonesia sejak didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan lebih dari seabad yang lalu,” ucap Akbar Ali.

Akbar menyebut KH. Ahmad Dahlan sosok yang dijuluki “sang pencerah” dengan kemampuannya, memberikan warna tersendiri dalam mengangkat harkat dan martabat masyarakat Indonesia di bawah bayang-bayang Penjajah Belanda pada saat itu khususnya dalam dunia pendidikan. KH Ahmad Dahlan, kata dia dengan gigih memperjuangkan perubahan system pendidikan yang memadukan antara pendidikan barat dengan campur tangan agama yang terbukti bisa dipadukan.

“Dan kita semua merasakannya hingga saat ini, dimana-mana menjamur sistem pendidikan modern yang saat ini dianut oleh pesantren-pesantren modern yang justru diakui oleh semua pakar dunia pendidikan dan kemudian menjadi trend bagi orang tua untuk menjadikannya sebagai motivasi untuk berlomba-lomba memasukkan anaknya ke pesantren modern,” ungkapnya.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Atensi Dinamika Isu Pergantian Pj Wali Kota Parepare

Ia tak lupa mengajak untuk terus menjalin hubungan ukhuwah Islamiyah yang semakin erat bukan saja di internal Persyarikatan Muhammadiyah, namun juga hubungan antara warga Muhammadiyah dengan masyarakat lainnya di luar persyarikatan.

“Semoga kegiatan ini juga dapat merefresh isi kepala kita tentang indahnya persatuan tanpa terpecah hanya karena mengagungkan sebuah kebenaran hakiki, tanpa adanya fanatisme terhadap sesuatu yang dapat menjadi pemicu terjadinya perpecahan dalam masyarakat kita. Maka pesan kami buat warga dan simpatisan Persyarikatan Muhammadiyah, teruslah untuk selalu berdiri paling depan untuk menjadi wadah pemersatu bangsa dimanapun kalian berada,” bebernya. (Adv)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646