0%
logo header
Jumat, 15 Maret 2019 21:11

Aliyah Mustika : Waspada Bahaya Kosmetik yang Dijual Online

Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, bersama Kepala BBPOM Wilayah Sulsel, Abdul Rahim, saat menggelar sosialisasikan bahaya kosmetik palsu, di Gedung Wanita, Jl. Baji Minasa kota Makassar, Kamis (14/03/2019).
Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, bersama Kepala BBPOM Wilayah Sulsel, Abdul Rahim, saat menggelar sosialisasikan bahaya kosmetik palsu, di Gedung Wanita, Jl. Baji Minasa kota Makassar, Kamis (14/03/2019).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, mengimbau kepada warga agar lebih waspada terhadap peredaran kosmetik palsu atau racikan yang mengandung bahan berbahaya.

Hal itu disampaikan Isteri Ilham Arief Sirajuddin (IAS) ini, saat menggelar sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Obat, Obat Tradisional, Kosmetik dan Pangan bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar Wilayah Sulawesi Selatan, kepada ratusan warga, di Gedung Wanita, Jl. Baji Minasa, Kota Makassar, Kamis (14/03/2019) kemarin.

“Terutama kosmetik kecantikan yang dijual melalui online, ini cukup berbahaya karena sulit untuk diawasi peredarannya. Kebanyakan, kosmetik yang terjual secara online itu tidak terdaftar di BPOM, olenya tidak ada yang bisa menjamin keamanannya jika digunakan,” ujar Ketua PKK kota Makassar tahun 2004-2014.

Baca Juga : Pasangan Ideal, Jaringan Kesehatan Makassar Solid Dukung Appi-Aliyah

Aliyah menambahkan, kosmetik yang mengandung bahan berbahaya tidak hanya berdampak pada kerusakan kulit, namun juga berakibat fatal terhadap penyakit lainnya.

“Bukan hanya kulit kita yang rusak karena kosmetika palsu, tapi juga penyakit lainnya seperti kanker bisa bersarang di dalam tubuh kita,” ungkap Aliyah.

“Mari kita menjadi konsumen cerdas menggunakan kosmetik,” tuturnya.

Baca Juga : IOH Group dan Accenture Siap Bangun Peradaban Ekonomi Digital Indonesia

Sementara, Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar wilayah Sulsel, Abdul Rahim, yang juga hadir sebagai pemateri mengatakan, mengatakan saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi dan edukasi tentang bahaya kosmetik.

“Kami terus melakukan sosialisasi dan edukasi, karena kita tau sendiri, semua orang khususnya kaum perempuan ingin sekali cantik dan putih, akhirnya mereka memakai sembarang produk kosmetik tanpa memikirkan efek sampingnya. Olehnya kami harapkan, jangan pernah memakai produk kosmetik yang tidak ada label BPOMnya,” ungkap Abdul Rahim. (rls)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646