0%
logo header
Kamis, 19 September 2024 17:37

Andi Herfida Apresiasi Kolaborasi PKK Bulukumba dan OPD

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Ketua PKK Bulukumba, Andi Herfida Muchtar. [Foto. IST]
Ketua PKK Bulukumba, Andi Herfida Muchtar. [Foto. IST]

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BULUKUMBA — Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menghadiri puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-52 tahun 2024 tingkat Kabupaten Bulukumba. Peringatan HKG dilaksanakan di Ballroom Hotel Agri Bulukumba, Rabu 18 September 2024, berlangsung meriah.

Adapun tema HKG PKK ke-52 tahun 2024 ini, yaitu: Bergerak Bersama PKK, Mewujudkan Keluarga Sejahtera, Menuju Indonesia Maju.

Selain Bupati, puncak peringatan HKG PKK ke-52 ini, juga dihadiri Wakil Ketua Sementara DPRD Bulukumba Fahidin HDK, unsur Forkopimda Bulukumba, Sekda Bulukumba Muh Ali Saleng, Ketua TP PKK Bulukumba Hj. Andi Herfida Muchtar, Wakil Ketua TP PKK Bulukumba Hj. Ira Kasuara Hasyim, beberapa Pimpinan OPD dan Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Baznas Bulukumba, serta ratusan Ibu-ibu pengurus dan kader PKK se-Kabupaten Bulukumba.

Baca Juga : Alih Dukungan Mantan Jubirnya, Ketua Tim HB: Jika Merasa Beban Harusnya Dikawal Bukan Lari

Ketua panitia Dr. Asnarti Said Culla menyampaikan bahwa undangan pada peringatan puncak HKG PKK ke-52 tingkat Kabupaten Bulukumba, berjumlah sekira 300 orang. Olehnya, ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi menyukseskan HKG tersebut.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati selaku ketua dewan pembina TP PKK Bulukumba, yang begitu besar perhatiannya kepada aktivitas maupun kegiatan-kegiatan PKK. Terima kasih kepada Ibu Ketua TP PKK Bulukumba, yang senantiasa memberikan support. Terima kasih kepada para dan pengurus PKK semua tingkatan. Terima kasih kepada semua pihak yang tak sempat kami sebut satu per satu,” ungkapnya.

Asnarti, lebih jauh menguraikan rangkaian kegiatan dalam memperingati HKG ini, di antaranya workshop budidaya Microgreen, peningkatan kapasitas Posyandu, advokasi jaminan kesehatan ibu hamil, Festival Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), penilaian Posyandu, penilaian Rumah Gizi, dan penilaian AKU Hatinya PKK.

Baca Juga : Cantiknya Lanjutan Pembagunan Pantai Merpati Bulukumba yang Digagas Bupati Andi Utta, Mirip Pantai Losari di Makassar

Selanjutnya penilaian GEMOIH (Gerakan Menanam Lombok Nikmati Hasilnya), Jambore PKK, lomba cerdas cermat, lomba jingle Mars PKK, jingle Pelangi dan jingle Stop Boros, lomba penyuluhan PAREDI dan penyuluhan pertanian, devile kader PKK, gala dinner, lomba kebersihan tenda, fun games/senam jantung sehat, dan malam kesenian.

“Gala dinner ini pertama kali dilakukan. Kemudian di malam kesenian, kita dihibur oleh artis,” imbuhnya.

Seusai Asnarti melaporkan rangkaian kegiatan di HKG ini, selanjutnya pemusatan video Sejarah Singkat PKK.

Baca Juga : Di Era Andi Utta-Edy Manaf Warga Bulukumba Sudah Nikmati 295 Kilometer Jalan Mulus

Sebelum membacakan sambutan serentak Ketua Umum PKK, Ketua TP PKK Bulukumba Hj Andi Herfida Muchtar menyampaikan beberapa poin penting. Ia menuturkan selama tiga tahun lebih, pihaknya selalu menyemangati seluruh pengurus PKK untuk memacu program, terlebih pada kolaborasi dengan OPD terkait.

“Kalau melihat banyaknya kegiatan yang dilaporkan oleh Ibu Ketua Panitia, ini bentuk kepedulian kami untuk seluruh pengurus PKK. Tidak akan mungkin terlaksana program sebanyak ini, kalau tidak ada kerja sama di antara kita semua,” ungkapnya.

Istri dari Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf ini, menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras menyukseskan rangkaian kegiatan hingga puncak peringatan HKG PKK ke-52.

Baca Juga : Program Kampung Sapi Pemerintahan Andi Utta-Edy Manaf sudah Reproduksi 10 Ribu Ekor Sapi Potong

“Mohon maaf kalau ada salah selama pelaksanaan kegiatan. Semangat dan jadilah perempuan-perempuan hebat Bulukumba,” jelas Andi Herfida.

Sementara itu, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf di awal sambutannya menyampaikan selamat dan sukses atas pelaksanaan puncak peringatan HKG PKK ke-52 tersebut. Ia berharap agar PKK tak henti-hentinya berkontribusi untuk kemajuan daerah Bulukumba.

Bupati yang akrab disapa Andi Utta, mengakui lompatan inovasi dan program yang telah dilaksanakan oleh PKK dalam membantu visi misi pemerintah daerah.

Baca Juga : Program Kampung Sapi Pemerintahan Andi Utta-Edy Manaf sudah Reproduksi 10 Ribu Ekor Sapi Potong

“Salah satu program ketahanan pangan, GEMOIH itu sangat berdampak ke masyarakat. Sekiranya ini terus dimassifkan. Ini luar biasa, tapi harus lebih dimaksimalkan lagi,” ujarnya.

Diketahui kader PKK Bulukumba beberapa tahun terakhir ini aktif melaksanakan kegiatan yang mendukung program pemerintah, misalnya pengendalian inflasi melalui ketahanan pangan dengan pemanfaatan lahan kosong untuk tanaman jangka pendek, serta membantu dalam pencegahan dan penanganan stunting melalui pengelolaan rumah gizi dan grebek stunting.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646