0%
logo header
Senin, 25 April 2022 21:43

Antisipasi Arus Mudik, Kantor SAR Maumere Gelar Apel Pasukan

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Kepala Kantor SAR Maumere, I Putu Sudayana memeriksa perlengkapan dan peralatan dari personil, Senin (25/04/2022). (Foto. Tarwan Stanislaus/Republiknews.co.id)
Kepala Kantor SAR Maumere, I Putu Sudayana memeriksa perlengkapan dan peralatan dari personil, Senin (25/04/2022). (Foto. Tarwan Stanislaus/Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAUMERE — Dalam rangka mengantisipasi arus mudik lebaran 2022, Kantor SAR Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar apel pasukan dan peralatan siaga SAR.

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere I Putu Sudayana, bertempat di halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, Senin (25/04/2022).

I Putu Sudayana dalam sambutannya menyampaikan amanat langsung dari Kabasarnas Republik Indonesia. Dalam melaksanakan siaga SAR khusus lebaran tahun 2022 atau Idul Fitri 1443 H, dalam amanat Kabasarnas meminta agar seluruh tim siaga SAR khusus, wajib menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan covid-19.

Baca Juga : Aksi Demo Warnai Puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Maumere NTT

“Kuasai Permasalahan yang ada dan carikan solusi dengan mengedepankan koordinasi dan inovatif, bekerja professional, disiplin dan menjadi contoh bagi potensi Sar yang terlibat siaga Sar khusus lebaran serta maksimalkan publikasi Kegiatan siaga Sar khusus lebaran,” kata I Putu dalam membacakan amanat Kabasarnas.

I Putu melanjutkan, pada mudik tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan arus penumpang, dan mobilitas warga masyarakat sehingga ia berharap perlu diantisipasi.

Dalam mendukung pelaksanaan angkutan lebaran tersebut, Basarnas juga kata I Putu akan melaksanakan Siaga Sar khusus dalam rangka mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan transportasi secara profesional, dan bersinergi dengan Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Pemerintah Daerah, pengelola jalan tol, Rumah sakit rujukan, dan Kementerian atau lembaga terkait untuk mewujudkan pelayanan Sar yang optimal kepada para pemudik.

Baca Juga : 73,8 Persen Masyarakat Indonesia Puas Terhadap Penyelenggaraan Mudik

“Dengan prinsip Quick Response Sar. Sekali lagi saya sampaikan sebagai penekanan ulang kepada Kepala Kantor, dan semua petugas siaga Sar khusus lebaran tahun 2022/ 1443 H, agar tetap semangat, jaga kesehatan, dan tunaikan kewajiban dengan penuh tanggung jawab,” jelas I Putu.

Sementara itu dalam mengantisipasi arus mudik lebaran, kantor pencarian dan pertolongan Maumere akan menerjunkan 62 personil yang berada di berabagi titik posko SAR di wilayah kerjanya seperti, posko utama kantor pencarian dan pertolongan Maumere, Posko Sar Bandara Frans Seda, posko gabungan di pelabuhan Lauren Say Maumere, posko Sar Bandara Komodo di Labuan Bajo, posko gabungan di pelabuhan ASDP Labuan Bajo, Posko Bandara H. Hasan Aroebeosman Ende, posko gabungan pelabuhan Ipi Ende, Posko Sar Bandara Mali Alor, serta posko gabungan pelabuhan Kalabahi, serta melaksanakan mobiling dititik keramaian dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Penulis : Tarwan Stanislaus
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646