0%
logo header
Jumat, 21 Juni 2024 13:19

Bacalon Walikota Parepare Tasming Hamid Ungkap Program untuk Kesejahteraan Petani

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Ket : Bacalon Wali Kota Parepare, Tasming Hamid pada programnya TSM Mendengar.
Ket : Bacalon Wali Kota Parepare, Tasming Hamid pada programnya TSM Mendengar.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE — Warga Kecamatan Bacukiki, yang mayoritas berprofesi sebagai petani, menyampaikan aspirasinya dalam kegiatan TSM Mendengar yang dilaksanakan di kediaman H. Anton, Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Kamis 20 Juni 2024.

Mereka berharap pemerintah Kota Parepare memberikan bantuan bibit, menjamin ketersediaan dan kelancaran penyaluran pupuk, serta menyediakan alat mesin pertanian (alsintan) secara adil dan merata kepada kelompok tani.

Pak Udin, seorang petani yang berdomisili di Kelurahan Lemoe, mengemukakan persoalan yang ia hadapi dalam bercocok tanam. “Kalau bisa, pemerintah memberikan bantuan bibit jagung untuk kami para petani. Harga bibit semakin mahal. Kalau biaya produksi tinggi, selisih keuntungan saat menjual hasil panen tidak cukup untuk menghidupi keluarga kami,” keluhnya.

Baca Juga : Omzet Meningkat di Acara TSM Day, Pelaku UMKM Parepare Sampaikan Rasa Syukur dan Terima Kasih ke Tasming Hamid

Pak Muhiddin, petani sawah di Kelurahan Galung Maloang, mengeluhkan kelangkaan pupuk. Dia berharap pemerintah lebih serius menjamin ketersediaan pupuk dan kelancaran penyalurannya kepada petani.

Sementara itu, Pak Aco yang berdomisili di Ceddie, Kelurahan Lemoe, meminta agar bantuan alsintan menyentuh seluruh kelompok tani dan bisa digunakan secara merata oleh anggotanya. “Ada bantuan alat mesin pertanian, tapi hanya oknum tertentu yang menguasai. Padahal aturannya, bantuan tersebut bisa digunakan oleh seluruh anggota kelompok tani secara bergantian,” ungkapnya.

“Kami menilai pemberian bantuan juga tidak adil. Ada kelompok tertentu yang selalu dapat, mungkin karena faktor kedekatan,” tambahnya.

Baca Juga : Warga Bahagia dan Terharu Menangkan Mobil Undian Jalan Sehat TSM Day, Doakan Tasming Hamid Terpilih Jadi Wali Kota Parepare

Mendengar keluhan para petani di Kecamatan Bacukiki, Tasming Hamid (TSM) berjanji akan memaksimalkan perhatian pemerintah jika dirinya dipercaya menjadi Wali Kota untuk peningkatan kesejahteraan para petani. TSM menyatakan, meskipun Parepare bukan daerah pertanian karena lahan pertaniannya kecil, nasib warga Parepare yang bermata pencaharian sebagai petani tidak boleh diabaikan.

“Program peningkatan kesejahteraan pemerintah harus dioptimalkan dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat serta seluruh profesi, termasuk para petani,” tegasnya.

“Doakan saya terpilih menjadi wali kota agar kebutuhan petani seperti bibit, pupuk, pestisida, dan alsintan bisa kami penuhi sesuai harapan kita semua,” sambungnya.

Baca Juga : Ketua Panitia TSM Day, Suyuti: Hadir di Lokasi, Syarat Mutlak Menjadi Pemenang Undian

TSM juga menjanjikan program asuransi aset usaha pertanian kepada para petani. Asuransi ini bertujuan mencegah kerugian para petani jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

“Asuransi ini bertujuan untuk mengganti kerugian petani jika terjadi kondisi yang tidak kita inginkan, seperti kerusakan tanaman atau gagal panen akibat kemarau panjang, banjir, serangan hama, dan sebagainya,” jelasnya.

“Asuransi aset usaha pertanian ini merupakan bentuk perlindungan kepada para petani dalam menjalankan usaha bercocok tanam yang penuh risiko. Nantinya semua petani di Parepare akan kami daftarkan dalam program ini secara cuma-cuma atau gratis,” pungkasnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646