0%
logo header
Minggu, 28 Juli 2024 12:51

Bawaslu Sulsel Ingatkan Jajaran Panwascam Bekerja Sesuai Regulasi dan Perkuat Koordinasi

Rizal
Editor : Rizal
Anggota Bawaslu Sulsel, Abdul Malik memberikan arahan dihadapan jajaran Panwascam se-Kabupaten Sidrap, Sabtu (27/7/2024). (Foto: Istimewa)
Anggota Bawaslu Sulsel, Abdul Malik memberikan arahan dihadapan jajaran Panwascam se-Kabupaten Sidrap, Sabtu (27/7/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SIDRAP – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan mengingatkan jajaran Panwaslu kecamatan se-Kabupaten Sidenreng Rappang untuk selalu bekerja sesuai peraturan yang berlaku dan senantiasa berkoordinasi dalam melakukan pengawasan Pemilihan Serentak tahun 2024.

Penegasan itu disampaikan oleh Anggota Bawaslu Sulsel, Abdul Malik dihadapan jajaran Panwascam se-Kabupaten Sidrap dalam Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang digelar Bawaslu Kabupaten Sidrap, Sabtu (27/7/2024).

“Kami mengharapkan seluruh teman-teman Panwaslu kecamatan dapat bekerja sesuai dengan regulasi yang ada, serta senantiasa berkoordinasi dengan Bawaslu kabupaten/kota dalam setiap pengambilan keputusan,” kata Abdul Malik.

Baca Juga : Satgas TMMD Ke-122 Kodim 1425 Jeneponto Rehab Rumah Warga Kurang Mampu

Menurutnya, Panwascam merupakan ujung tombak pengawasan bersama PKD. Keduanya diharapkan dapat bekerja dan menjalankan tugas dan fungsi yang ada secara maksimal.

Pada kesempatan yang sama, mantan Ketua Bawaslu RI, Abhan yang diundang menjadi pembicara menyampaikan terkait peran pengawas Ad hoc seperti Panwascam, Pengawas Kelurahan Desa (PKD), dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) sangat penting dalam mengawasi tahapan Pilkada Serentak 2024.

Karenanya, menurut Abhan, pengetahuan jajaran Ad hoc terkait pemilu harus di atas dari yang diawasi.

Baca Juga : Peringatan HUT ke-79 TNI di Selayar, Memperkuat Sinergi Prajurit dan Rakyat Menuju Indonesia Maju

“Seorang pengawas pemilu ilmunya harus di atas yang diawasi. Jadi sebagai pengawas pemilu harus memahami aturan setiap tahapan pemilihan,” ujar Abhan.

Menurutnya, bekerja sebagai seorang pengawas merupakan hal yang paling rumit. Banyak yang tidak suka karena diawasi secara melekat.

“Dan itulah memang tugas kita sebagai pengawas. Tentunya, tujuannya adalah bagaimana pesta dekomrasi ini bisa berjalan dengan luber, jurdil, bermartabat, berintegritas dan berkeadilan,” ucapnya.

Baca Juga : Kolaborasi Indosat dan Padivalley Dorong Keterampilan Golfer Pemula

“Saya juga mengingatkan kepada seluruh jajaran Bawaslu Sidrap jika ada pelanggaran lihat aturan dan tegakkan aturan hukumnya, jangan diamkan,” demikian Abhan. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646