0%
logo header
Minggu, 03 Maret 2024 11:37

Berziarah di Makam Arung Palakka, Karim Dania Sambut Kunjungan Pj Bupati Bone

Chaerani
Editor : Chaerani
Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania (kiri) saat menerima langsung kunjungan Penjabat Bupati Bone, Andi Islamuddin beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Bone saat berziarah di Makam Arung Palakka, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania (kiri) saat menerima langsung kunjungan Penjabat Bupati Bone, Andi Islamuddin beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Bone saat berziarah di Makam Arung Palakka, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania menerima langsung kunjungan Penjabat Bupati Bone, Andi Islamuddin beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Bone di Kabupaten Gowa.

Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan ziarah makam pahlawan yakni Raja Bone Ke-15 Arung Palakka dan Sultan Hasanuddin. Kegiatan ini merupakan rutinitas tahunan Pemkab Bone jelang Peringatan Hari Jadi Bone pada April mendatang.

“Hari ini kami menerima kunjungan bapak Pj Bupati Bone bersama jajaran. Ini sebagai salah satu rangkaian rutin mereka dalam peringatan Hari Jadi Bone, sehingga kami menerima dengan baik sekaligus ikut mendampingi sampai ke Makam Sultan Hasanuddin,” ungkapnya, usai melakukan ziarah makam, kemarin.

Baca Juga : Danny Pomanto Berbagi Ilmu Peduli Lingkungan dan Transformasi Digital Bersama GP Ansor Sulsel

Ia berharap, melalui kunjungan ini kerjasama dan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Gowa dan Pemerintah Kabupaten Bone dapat terus terjalin sebagai bagian yang tidak terpisahkan khususnya dalam memajukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara, Pj Bupati Bone, Andi Islamuddin menyampaikan, dirinya bersama jajaran telah melakukan ziarah makam pahlawan Raja-Raja Bone sejak 26 Februari kemarin. Kali ini pihaknya mengunjungi Kabupaten Gowa karena salah satu makam Raja Bone dimakamkan di Kabupaten Gowa.

Ia menjelaskan, beberapa kabupaten yang telah dikunjungi mulai 26 Februari 2024 kemarin yakni, Kabupaten Bulukumba untuk ziarah makam Raja Bone yang Ke-9, kemudian ke Kabupaten Bantaeng ziarah makam Raja Bone Ke-11, dan ke Jakarta Raja Bone yang ke-31.

Baca Juga : DPRD Makassar dan Pemkot Sahkan Empat Ranperda di Akhir Masa Jabatan

“Hari ini kami ziarah makam di makam Raja Bone Ke-15 Arung Palakka yang ada di Kabupaten Gowa,” ungkapnya.

Ia menyebut, ziarah makam ini juga dilakukan untuk terus menanamkan rasa kecintaan, patriotisme dan terima kasih selaku anak-anak bangsa kepada pahlawan Raja Bone yang dengan perjuangannya terdahulu sehingga Bone bisa menjadi seperti sekarang ini.

“Tanpa beliau, Raja-raja Bone, kita tidak akan mungkin bisa seperti sekarang ini. Selain itu kami mencoba menjadikan ziarah makam ini sebagai spirit dan semangat untuk bisa berbuat dan berkontribusi terhadap kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga : Hamka B Kady Turunkan Tim Pemenangan Untuk Appi-Aliyah

Olehnya, pada kesempatan itu, dirinya mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa karena mampu menerima dengan baik setiap tahunnya. Apalagi dari sejarahnya Kabupaten Gowa dan Kabupaten Bone merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan terbukti Raja Bone Arung Palakka ini dimakamkan di Kabupaten Gowa.

“Kami berterimakasih dan mengapresiasi jajaran Pemkab Gowa, sudah menjadi kewajiban kita untuk senantiasa menjaga silaturahmi ini, menjaga ikatan batin ini agar apa yang telah dikrarkan oleh Raja kita ini dapat kita lestarikan dan lanjutkan secara bersama-sama,” tutupnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646