0%
logo header
Selasa, 15 Maret 2022 18:03

Calon Paskibraka Kabupaten Gowa Wajib Vaksinasi Covid-19

PPI Kabupaten Gowa mulai melaksanakan seleksi calon Paskibraka di sekolah-sekolah tingkat SMA dan sederajat. (Istimewa)
PPI Kabupaten Gowa mulai melaksanakan seleksi calon Paskibraka di sekolah-sekolah tingkat SMA dan sederajat. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA – Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Gowa mulai melaksanakan seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas mengibarkan sang merah putih pada peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2022 mendatang.

Pada proses seleksi kali ini seluruh calon Paskibraka wajib melaksanakan vaksinasi Covid-19 sebab salah satu syaratnya adalah memperlihatkan sertifikat vaksinasi lengkap yakni dosis pertama dan kedua.

Ketua PPI Kabupaten Gowa, A. Moh. Rizky J. Abe mengatakan, proses seleksi telah berlangsung sejak Rabu, 9 Maret 2022 dan berakhir hingga 31 Maret 2022 mendatang.

Baca Juga : Penuhi Target 100 Persen, Pemkab Luwu Timur Bakal Lakukan Vaksinasi Massal

“Hal berbeda dengan seleksi tahun sebelumnya yaitu peserta seleksi harus memperlihatkan sertifikat vaksin melalui aplikasi Peduli Lindungi minimal dosis kedua,” jelasnya, Selasa (15/03/2022).

Lanjutnya, jika tahun lalu proses seleksi dilaksanakan melalui online, maka tahun ini dilakukan dengan mendatangi sekolah-sekolah yang telah ditentukan.

“Kita sudah pilih SMA maupun sederajatnya per dapilnya di 18 kecamatan,” katanya.

Baca Juga : Bertemu Kepala Kepolisian Malaysia, Kapolri Bahas PMI Ilegal Hingga Penanganan Covid-19

Ia mengaku, tinggi dan berat badan masih menjadi syarat utama peserta Paskibraka Kabupaten Gowa. Antara lain, memiliki tinggi badan 165 centimeter bagi laki-laki, dan 160 centimeter bagi perempuan.

“Harus memiliki postur yang tegak dan tidak berkaki O atau X,” tegasnya.

Ia berharap tahun ini menjadi tahun yang spesial, sebab ini menargetkan para Paskibraka Kabupaten Gowa dapat terpilih menjadi Calon Paskibraka tingkat nasional.

Baca Juga : Arham Basmin: Jangan Ngaku Pemuda Kalau Belum Divaksin

Salah satu peserta seleksi Ainun Fahira Salsabilah mengungkapkan, menjadi Paskibraka Kabupaten Gowa sudah menjadi keinginannya sejak duduk di bangku SMP. Sehingga ketika seleksi tersebut dilakukan dirinya sangat antusias mengikuti seluruh tahapan seleksi.

“Karena ini sudah keinginan sejak SMP, jadi saya terus mengasah kemampuan baris berbaris dan tetap menjaga kesehatan saya selama ini,” ungkap siswa SMA 14 Kabupaten Gowa ini.

Ainun melanjutkan, dengan kesungguhan dan antusiasnya mengikuti seleksi ini dirinya berharap bisa lolos dan menjadi salah satu pasukan yang ada dalam kelompok pengibar bendera. (*)

Penulis : Chaerani
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646