0%
logo header
Jumat, 06 Oktober 2023 12:19

Cegah Stunting, Lurah Timbau di Kukar Ajak Ortu – Ketua RT Ikut Berpartisipasi

Chaerani
Editor : Chaerani
Lurah Timbau, Marten Hady Yuda. (Istimewa)
Lurah Timbau, Marten Hady Yuda. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya.

Dalam upaya menekan serta mengatasi stunting, Pemerintah daerah Kutai Kartanegara (Kukar) dalam hal ini Kelurahan Timbau memiliki program inovatif dalam mengatasi stunting. Program itu yakni megajak orang tua serta ketua RT setempat dalam rangka mengawasi dan memantau perkembangan anak-anak di wilayah masing-masing.

“Kami akan melakukan analisis data untuk menentukan strategi penanganan stunting yang tepat. Misalnya, jika ada anak yang stunting karena ibunya seorang penjahit, maka kami akan mengusulkan pengadaan alat jahit dan pelatihan menjahit kepada Dinas Tenaga Kerja. Kami berharap program ini dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak di Kelurahan Timbau,” kata Lurah Timbau, Marten Hady Yudha, Kamis (05/10/2023).

Baca Juga : Empat Siswa SLB Kukar Melenggang ke O2SN Nasional

Selain program peduli stunting,Marten menyebut pihaknya juga memiliki program-program unggulan agar meningkatkan kesejahteraan warganya. Program tersebut diantaranya mencakup perbaikan infrastruktur seperti jalan, dinding penahan tanah, drainase, dan jalan gang.

“Tujuan kami adalah memberikan kenyamanan dan keamanan bagi warga dalam beraktivitas, sekaligus mengurangi risiko kecelakaan yang sering terjadi di Kelurahan Timbau,” jelasnya.

Marten berkomitmen program tersebut dapat terealisasi terus menerus. Sebab menurutnya kunci keberhasilan Pemerintah Daerah bisa membuat masyarakatnya sejarah terutama dalam pelayanan publik.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

“Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan efisiensi operasional kantor kelurahan dan mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas umum seperti balai warga, lapangan olahraga, dan taman bermain,” pungkasnya. (ADV Desa/Kelurahan)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646