0%
logo header
Minggu, 12 April 2020 18:57

Desa Balobone Buton Tengah Siapkan Rp 79 Juta Untuk Pencegahan Virus Corona

Kepala Desa Balobone, Sabandia, bersama Babinsa dan jajaran aparat Desa, saat melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke fasilitas sosial.
Kepala Desa Balobone, Sabandia, bersama Babinsa dan jajaran aparat Desa, saat melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke fasilitas sosial.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BUTON TENGAH – Dalam upaya pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) yang saat ini sedang mewabah, Pemerintah Desa (Pemdes) Balobone, Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara, mengalokasikan Dana Desa (DD) sebesar Rp 79 juta.

Kepala Desa Balobone, Sabandia, saat ditemui republiknews.co.id, Minggu (12/04/2020) menjelaskan, bahwa Anggaran itu akan digunakan untuk penyediaan masker, hand sanitizer, penyediaan alat penyemprotan disenfektan, media edukasi dalam bentuk spanduk, maupun kebutuhan pemeriksaan dan konsumsi terhadap warga yang sedang di karantina.

“Dari 791 juta Dana Desa (DD) Balobone, sebesar 79 juta pengalokasian untuk membantu pencegahan dan penanggulangan virus corona ini,” terangnya.

Baca Juga : IOH Group dan Accenture Siap Bangun Peradaban Ekonomi Digital Indonesia

Kepala Desa yang baru menjabat 4 Bulan ini menegaskan pihaknya sebelumnya juga sudah mengarahkan warganya untuk melakukan langkah-langkah pencegahan secara mandiri.

“Kita sudah dengar untuk mengantisipasi itu salah satunya harus diatasi secara mandiri. bahkan sekarang Desa Balobone telah membentuk 22 orang relawan untuk mengatasi wabah ini,” tutur Sabandia.

Lanjut Sabandia, saat ini Desa Balobone berjumlah 800 jiwa terdiri dari 156 Kepala Keluarga (KK) masih terjaga dari wabah corona dan belum ada yang terkena virus covid-19.

Baca Juga : Pemkab Gowa Gandeng BPS Fokuskan Perbaikan Data Statistik

“Semoga hal tersebut terus dijaga sehingga perlu kekompakan untuk tetap menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta mengikuti anjuran pemerintah karena mencegah itu lebih baik.

Selain itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Balobone Abdul Haris Haery mengatakan semua elemen masyarakat dikerahkan untuk bersama-sama melakukan pencegahan sebaran virus Corona melalui kegiatan yang bisa mempergunakan Dana Desa (DD).

Sapaan La Bobot ini berharap, sinergitas, keselamatan dan kesehatan masyarakat selalu terjaga, termaksud secepatnya perekonomian membaik. (Novaldin Asman)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646