0%
logo header
Senin, 29 Januari 2018 11:02

Di Buloa, Warga Keluhkan Kesulitan Air Bersih ke Appi

Di Buloa, Warga Keluhkan Kesulitan Air Bersih ke Appi

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Bakal calon Walikota Makassar, Munafri Arifuddin (Appi), berkunjung di kawasan kampung nelayan Jl. Sultan Abdullah, Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo, Minggu (28/01/2018) Sore.

Dalam kunjungannya, Appi bertatap muka dengan ratusan warga. Mulai dari nelayan hingga ibu rumah tangga.

Tak hanya ajang silaturahmi, namun warga juga berkesempatan menyampaikan keluh kesahnya.

Baca Juga : Ikuti Uji Kelayakan di Demokrat Sulsel, Appi Bicara Soal Peluang Dipaketkan dengan ARA

Baharuddin, Salah satu Tokoh masyarakat setempat, mengatakan selama ini warga di kawasan Buloa kesulitan mengakses air bersih.

“Disini daerah pesisir Pak, selama ini kita kesulitan dapat air bersih. Bahkan kita harus ambil air pakai gerobak itupun cuma air bor dan dibeli. Tidak ada air ledeng,” tuturnya.

Tak hanya air bersih, para nelayan juga mengelukan soal berkurangnya pendapatan mereka lantaran lokasi menangkap ikan mulai menyempit.

Baca Juga : Lies NA dan Appi Kompak Sosialisasi Pencegahan Stunting di Makassar

Sementara pendapatan tambahan dalam keluarga tak kunjung juga ada sebab adanya keterbatasan akses dan pengetahuan.

“Semenjak ada timbunan itu Pak lokasi kita memancing semakin sempit. Biasanya kalau musim hujan kita memancing disitu tapi sekarang sudah tidak bisa,” terang Tahere, salah seorang nelayan di Buloa saat dimintai tanggapannya, Senin (29/01/2018).

Mendengar keluhan warga, CEO PSM ini mengatakan, wilayah-wilayah pesisir adalah wilayah memiliki potensi pariwisata dan pembangunan yang cukup tinggi.

Baca Juga : Pileg 2024, Golkar Target 10 Kursi di DPRD Makassar

“Kami sudah memiliki konsep termasuk akses yang lebih baik untuk warga Buloa. Kita ingin pembangunan Makassar merata. Dan kami ingin membalik kondisi, bahwa wilayah-wilayah seperti ini nantinya perlu diproritaskan pembangunannya termasuk penyediaan air bersih,” terang Appi.

Adapun perihal kesejahteraan nelayan, menurut Appi hal itu bisa menjadi perhatian pemerintah.

“Yang pertama masalah timbunan, Insya Allah kalau kami terpilih kami akan mencarikan solusi terkait permasahan itu, masalah pemuda, dalam program kami bakal memberikan kesempatan untuk berusaha. Sementara untuk ibu-ibu kami mencanangkan program Home Industri plus, pemerintah harus hadir berpartisipasi yang diantaranya asistensi dan penyaluran melalui warung rakyat laba bersama,” ungkapnya.

Baca Juga : Direktur Utama PSM Makassar Berganti, Sadikin Aksa Gantikan Munafri Arifuddin

“Jadi kan disini kawasan nelayan, bisa semisal buat abon ikan yang nanti hasilnya melalui asistensi kemudian Pemerintah menjamin penyalurannya ke warung-warung rakyat. Cara ini juga akan menghidupkan industri rumahan demi meningkatkan kesejahteran masyarakat secara langsung,” lanjut Appi.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646