0%
logo header
Minggu, 06 Februari 2022 05:43

Diduga Keracunan Makanan, Puluhan Santriwati Ponpes Yatama Gowa Dilarikan ke Rumah Sakit

Puluhan Santriawati Pondok Pesantren Yatama Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa mendapatkan Perawatan Intensif di RSUD Syekh Yusuf, diduga keracunan makanan, Sabtu (05/02/2022). (Al-Ghifari)
Puluhan Santriawati Pondok Pesantren Yatama Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa mendapatkan Perawatan Intensif di RSUD Syekh Yusuf, diduga keracunan makanan, Sabtu (05/02/2022). (Al-Ghifari)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Rumah Sakit Syekh Yusuf Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, Sabtu (05/02/2022) malam, menerima 17 Pasien Santriawati dari Pondok Pesantren Yatama, di Kecamatan Pallangga.

Kata Dokter Rumah Sakit Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, 17 pasiennya itu mengalami gejala yang sama, seperti mual, pusing dan diare usai mengkonsumsi makanan.

“Semua pasien yang masuk Sabtu malam ini, memiliki gejala yang sama, seperti mual, pusing dan diare usai mengkonsumsi makanan,” jelas dr. Zarah Alifani Dzulhijjah Dokter RS Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, saat dikonfirmasi.

Baca Juga : Sahabat LAPOR! Pemkab Gowa Wajib Jadi Agen Perubahan Pelayanan Publik

Namun setelah mendapat penanganan medis, jelas dr. Zarah Alifani Dzulhijjah, sejumlah pasien mulai membaik, bahkan ada yang sudah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

“Setelah kami tangani secara medis, sejumlah pasien mulai membaik, dan diperbolehkan pulang kerumah masing-masing,” ungkapnya.

Lanjut dr Zarah, untuk pasien yang masih dirawat di RS Syekh Yusuf ini, perlahan mulai membaik, meskipun masih ada yang merasakan pusing, mual dan sesekali diare.

Baca Juga : Wajah Baru Kawasan Museum Balla Lompoa yang Kian Asri

Sementara salah satu Santriawati, yang mendapat perawatan Dokter ini mengaku, mengalami gejala Diare, pusing dan mual, usai mengkonsumsi Nasi Dos.

“Setelah makan nasi dos, tiba-tiba saya dan sejumlah teman Santriawati Putri lainnya mengalami gejala pusing, mual dan diare,” ungkap NS Santriwati putri.

Saat ditanya soal makanan yang mereka konsumsi, NS mengaku nasi dos itu berisi nasi putih, ayam dan sayur mie.

Baca Juga : Bupati Gowa: Mura Fest Pacu Kebangkitan Ekonomi UMKM

Untuk kondisinya, kata NS, dirinya mulai membaik setelah mendapatkan penanganan medis, meskipun masih harus tinggal beberapa saat di rumah sakit.

Selain 17 orang temannya yang dilarikan ke RS Syekh Yusuf ini, jelasnya, NS juga menyampaikan jika ada sejumlah temannya juga di rawat di sejumlah Rumah Sakit di wilayah Kabupaten Gowa.

NS sendiri tidak mengetahui pasti berapa jumlah Santriawati Putri yang mengalami dugaan keracunan makanan, namun NS memperkirakan jika yang dilarikan ke beberapa rumah sakit di Gowa ada puluhan orang.

Penulis : Al-Ghifari
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646