Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra Terapkan e-Sultra dan Perpustakaan Keliling Bulan Ramadhan

0
Sekertaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, Nurlena Harahap. Foto: Akbar Tanjung

REPUBLIKNEWS.CO.ID, Kendari – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal menerapkan aplikasi e-Sultra untuk meningkatkan minat baca masyarakat di Sultra.

Sekertaris Dinas (Sekdin) Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, Nurlena Harahap mengatakan, melalui aplikasi e-Sultra, masyarakat bisa meminjam buku secara online tanpa harus datang langsung di Perpustakaan Daerah Sultra.

“Aplikasi itu nanti akan memuat buku-buku berbasis elektronik. Masyarakat atau adik-adik pelajar bisa meminjam buku melalui aplikasi tersebut tapi nanti dibatasi masanya selama empat hari,” tuturnya saat ditemui di ruang pribadinya, Kamis (22/04/2021).

Nurlena menambahkan, pihaknya juga sudah menyiapkan fasiltas berupa sepuluh komputer untuk digunakan pengunjung yang ingin melakukan kegiatan membaca buku berbasis elektronik.

“Kalau datang berkunjung bisa membaca buku berbasis elektornik melalui sarana komputer yang sudah di siapakan,” tambahnya.

Nurlena juga mengapresiasi kelompok pemuda di beberapa Kabupaten/Kota di Sultra yang saat ini menjadi pegiat baca di tengah masyarakat. Ia menyebut, kelompok tersebut merupakan salah satu stimulus peningkatan minat baca di masyarakat.

“Kelompok ini sangat mendukung sekali terhadap tumbuhnya minat baca di Sultra, apalagi di lingkungan kampus. Karena menurut saya, masyarakat kampus itu harus menjadi motivator utama untuk menumbuhkan minat baca,” ucapanya.

Selain itu, lanjut Nurlena, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra juga sudah menyiapkan perpustakaan keliling selama bulan suci Ramadhan sebelum berbuka puasa.

“Jadi anak-anak itu, sambil menunggu waktu buka puasa, mereka bisa memanfaatkan perpustakaan keliling ini untuk membaca,” pungkasnya. (Akbar Tanjung)

Tinggalkan Balasan