0%
logo header
Kamis, 08 September 2022 15:28

Dinas PKP Parepare Dorong Pemanfaatan Limbah Jerami Jagung Jadi Pakan Hijau Ternak

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Dinas PKP Parepare Dorong Pemanfaatan Limbah Jerami Jagung Jadi Pakan Hijau Ternak

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE — Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Parepare menggelar Pelatihan Tematik Fermentasi Pakan Hijau Ternak dari Limbah Jerami Jagung.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas PKP Kota Parepare, Wildana di Gedung Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Ujung, Parepare, Kamis (8/09/2022).

Kepala Dinas PKP, Wildana usai membuka kegiatan mengungkapkan, bahwa pelatihan ini suatu ide cemerlang dan homebase dari para penyuluh pertanian yang tersebar di empat Kecamatan di Parepare.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Atensi Dinamika Isu Pergantian Pj Wali Kota Parepare

“Pelatihan ini kita laksanakan di empat Kecamatan, dan sudah tiga Kecamatan yang selesai. Di setiap Kecamatan masing-masing mengangkat permasalahan yang ada di wilayahnya. Dan untuk Kecamatan Ujung ini mengangkat bagaimana memanfatkan fermentasi limbah jerami jagung,” ungkap Wildana.

Memanfatkan fermentasi limbah jerami jagung ini, kata Wildana, penting karena lahan di Parepare semakin hari semakin berkurang. Semakin sulit untuk mendapatkan pakan hijau ternak.

“Kegiatan ini tidak menerima teori saja, namun juga dilanjutkan dengan praktik. Karena pakan merupakan hal utama dari produktivitas dan wilayah kita sebagai kota yang tentu lahannya semakin hari semakin berkurang. Susah mendapatkan pakan hijau ternak. Makanya wilayah Kecamatan Ujung memanfaatkan limbah jerami jagung,” terangnya

Baca Juga : TSM-MO Tegaskan Soreang Basis Utama di Pilwalkot Parepare, Targetkan 70 Persen Suara

Wildana berharap, kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta agar tujuan dan hasilnya dapat tercapai. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646