0%
logo header
Selasa, 02 April 2024 11:37

Disdukcapil Kukar Mendata Penduduk Hingga Kawasan Terpencil Jelang PIlkada

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Kepala Disdukcapil Kukar, Muhammad Iryanto menyebut jelang Pilkada Kutai Kartanegara (Kukar) 2024, layanan KTP elektronik hingga ke pelosok desa. (Istimewa)
Kepala Disdukcapil Kukar, Muhammad Iryanto menyebut jelang Pilkada Kutai Kartanegara (Kukar) 2024, layanan KTP elektronik hingga ke pelosok desa. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Demi memperluas jangkauan layanan publik menjelang Pilkada Kutai Kartanegara (Kukar) 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kukar mengambil langkah progresif dengan program terbaru mereka. Yakni, layanan e-KTP hingga ke desa-desa terpencil di Kukar. Tujuannya, memastikan setiap warga Kukar, terutama di daerah terpencil, memiliki akses yang mudah ke layanan kependudukan, termasuk perekaman e-KTP.

Kepala Disdukcapil Kukar, Muhammad Iryanto, menegaskan pentingnya program ini dalam memastikan partisipasi warga dalam proses demokrasi.

“Kami ingin setiap warga Kukar, tanpa terkecuali, memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam Pilkada,” ujar Iryanto pada Selasa (2/4/2024).
“Dengan memperluas jangkauan layanan kami ke desa-desa, kami membuka pintu bagi lebih banyak warga untuk menggunakan hak pilih mereka,” sambungnya.

Baca Juga : Empat Siswa SLB Kukar Melenggang ke O2SN Nasional

Iryanto menjelaskan, program ini tidak hanya memudahkan pengajuan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tetapi juga mempercepat proses pemutakhiran data penduduk.

Lebih dari itu, inovasi ini diharapkan dapat membantu calon independen dalam mengumpulkan dukungan KTP, sebuah kendala yang sering dihadapi dalam Pilkada sebelumnya.

“Kami telah belajar dari pengalaman sebelumnya dan berkomitmen untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama,” kata Iryanto.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

“Inisiatif ini adalah langkah maju kami dalam membangun sistem pelayanan publik yang lebih responsif dan demokrasi yang lebih kuat,” lanjutnya.

Dengan langkah progresif ini, Disdukcapil Kukar berharap untuk meningkatkan kualitas layanan publik dan memastikan bahwa setiap suara di Kukar dapat terhitung dalam Pilkada mendatang. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646