0%
logo header
Selasa, 02 April 2024 12:43

Disdukcapil Kukar Target 50 Ribu IKD Baru Tahun Ini

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Disdukcapil Kukar optimistis mencapai target 50 ribu aktivasi IKD tahun ini. (Istimewa)
Disdukcapil Kukar optimistis mencapai target 50 ribu aktivasi IKD tahun ini. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara (Kukar) optimistis mencapai target 50 ribu aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) pada tahun 2024. Angka ini diyakini bisa menembus 100 ribu dengan penerapan teknologi Face Recognition (FR) yang akan diterapkan di sistem pusat!

“Kami targetkan 50 ribu aktivasi IKD tahun ini. Andai sistem aktivasi Identitas Kependudukan Digital dari pusat sudah bisa menggunakan teknologi Face Recognition (FR) maka sangat mungkin targetnya bisa tembus 100 ribu,” ujar Kepala Disdukcapil Kukar, M Iryanto, pada Selasa (02/04/2024).

Optimisme ini bukan tanpa alasan. Disdukcapil Kukar telah menunjukkan keseriusannya dalam menggalakkan proses transisi digitalisasi dengan berbagai upaya, termasuk:
Sistem pelayanan jemput bola: Layanan aktivasi IKD diantarkan langsung ke desa dan kelurahan untuk memudahkan akses bagi masyarakat.

Baca Juga : Empat Siswa SLB Kukar Melenggang ke O2SN Nasional

Tingkat aktivasi yang tinggi: Hingga saat ini, tercatat 20.500 warga Kukar telah beralih ke IKD, menjadi yang tertinggi di Kalimantan Timur dengan persentase 19%.
Kerjasama dengan berbagai pihak: Disdukcapil Kukar berkolaborasi dengan kecamatan untuk memperluas jangkauan layanan aktivasi IKD.

Langkah-langkah tersebut terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mengadopsi IKD.

“Percepatan aktivasi Identitas Kependudukan Digital ini sebagai langkah memudahkan masyarakat Kukar dalam mengurus segala urusan yang berhubungan dengan adminduk,” jelas Iryanto.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

Iryanto menambahkan, IKD menawarkan berbagai kemudahan, mulai dari kepraktisan karena bersifat digital hingga memuat berbagai data penting seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), NPWP, Informasi Kepemilikan Kendaraan, Kartu BPJS Kesehatan, hingga kartu pemilih pada pemilihan umum 2024.

“Jangan sungkan, pokoknya datang bawa handphone minta aktifkan itu saja. Sebab, belum ada cara lain yang lebih cepat selain cara tersebut,” pungkasnya.

Dengan kombinasi strategi yang tepat dan teknologi yang mumpuni, Disdukcapil Kukar yakin dapat mencapai target aktivasi IKD yang ambisius ini. Hal ini akan menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dalam menghadirkan layanan publik yang mudah diakses, efisien, dan modern bagi masyarakat Kukar. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646