0%
logo header
Senin, 19 Agustus 2024 18:41

Duet Athanasius Koknak dan Basri di Pilkada Boven Digoel, Potret Ideal Pasangan Nusantara

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Boven Digoel, Athanasius Koknak dan H. Basri Muhammadiyah menunjukkan B1-KWK dari PPP di kantor DPP Jakarta. (Istimewa)
Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Boven Digoel, Athanasius Koknak dan H. Basri Muhammadiyah menunjukkan B1-KWK dari PPP di kantor DPP Jakarta. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Boven Digoel, Athanasius Koknak siap menjadi bakal balon bupati di Pilkada Boven Digoel 2024.

Politisi PDI Perjuangan ini digadang-gadang akan berpasangan dengan H. Basri Muhammadiyah, Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Boven Digoel sebagai bakal calon wakil bupati dalam koalisi partai politik pengusung di kontestasi politik lima tahunan ini.

Athanasius yang saat ini menjabat Ketua DPRD Kabupaten Boven Digoel menggandeng pinangannya H. Basri akan mengulangi nostalgia lama koalisi partai pengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati Boven Digoel di Pilkada 2015, di mana saat itu koalisi partai politik, PDI Perjuangan menggandeng PPP, yakni Benediktus Tambanop gandeng H. Chaerul Anwar.

Baca Juga : Apolo Safanpo Santuni 300 Paket Sembako kepada Masyarakat Asiki Boven Digoel

“Kami memilih Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebagai pasangan koalisi, ibarat cinta lama bersemi kembali, di mana pada pilkada 2015, pasangan Benediktus Tambanop – H.Chaerul Anwar juga diusung PDI Perjuangan gandeng PPP,” ucap Athanasius kepada awak media di Merauke, Senin (19/08/2024).

Pasangan Atanasius-Basri di Pilkada 2024 ini yang disingkat AB. Sedangkan pasangan Benediktus-Anwar di tahun 2015 lalu disingkat BA. Berulangnya, koalisi PDI Perjuangan dengan menunjukkan kemitraan politik antara partai berlambang banteng moncong putih ini dengan partai berlambang Ka’bah.

“Kami pasangan AB (Athan-Basri) saat ini telah mendapatkan rekomendasi B1KWK dari PPP sejak hari Rabu (14/08/mem dan menyusul PDI-Perjuangan diberikan minggu depan usai upacara hari ulang tahun kemerdekaan ke 79 Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2024. Saya adalah kader partai PDI Perjuangan yang telah melewati proses tahapan seleksi oleh DPP Pusat,“ ujar Atanasius.

Baca Juga : Aksi Penyerangan Polsek Bomakia Boven Digoel, Ini Penyebabnya

Dia menyebutkan, niat dan tekadnya maju di kursi suksesi Boven Digoel 01 pada pesta demokrasi, Pilkada 2024 terdorong ingin membawa Boven Digoel ke arah perubahan dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Pinangan Athanasius dijatuhkan kepada Ketua DPC PPP Boven Digoel itu, karena sosok H.Basri  menjadi figur ideal. Duet Athanasius-H. Basri menjadi pasangan Nusantara.

“Saya berasal dari Suku Muyu Orang Asli Papua (OAP), sementara calon wakil Bupati saya berasal dari Suku Bugis, Sulawesi Selatan yang mayoritasnya berada di Boven Digoel,” tandas Atanasius yang memiliki slogan AB 2024 Boven Digoel Bangkit, Mandiri Lanjutkan. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646