0%
logo header
Sabtu, 30 Maret 2024 15:22

Gebrakan Pertanian di Desa Kerta Buana, Begini Langkah Awalnya

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Kepala Desa Kerta Buana, I Dewa Ketut Basuki. (Istimewa)
Kepala Desa Kerta Buana, I Dewa Ketut Basuki. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Desa Kerta Buana di Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) tengah mengalami transformasi besar di sektor pertanian. Berbagai proyek pembangunan infrastruktur telah rampung, membuka jalan bagi kemajuan dan kesejahteraan para petani.

Turap sungai induk, irigasi, dan jalan pertanian sepanjang 200 meter kini telah berdiri kokoh, siap menunjang aktivitas pertanian di desa. Keberhasilan ini menjadi bukti komitmen pemerintah desa dalam memajukan sektor vital ini.

Namun, di tengah gempuran kemajuan, terdapat satu rencana yang masih tertunda: pembangunan gazebo di area persawahan. Rencana ini, yang diharapkan dapat menjadi tempat istirahat dan berkumpul bagi para petani, masih menunggu persetujuan dari para pemilik lahan.

Baca Juga : Empat Siswa SLB Kukar Melenggang ke O2SN Nasional

“Para petani belum memberikan izin (gazebo di sawah), makanya kita terus berikan edukasi kepada petani agar bisa mendukung rencana ini,” kata Kepala Desa Kerta Buana, I Dewa Ketut Basuki pada Sabtu (30/3/2024).

Meskipun gazebo di sawah belum terwujud, rencana lain untuk membangun gazebo di kawasan lapangan bola dengan ukuran 8×10 meter terus berjalan. Gazebo ini nantinya akan menjadi ruang publik bagi anak-anak dan masyarakat untuk berkumpul dan bersantai.

Pembangunan gazebo ini juga merupakan langkah persiapan menyambut rencana salah satu perusahaan tambang batubara yang akan membuat wisata sawah di desa tersebut.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

“Jadi kita imbangi dengan pembangunan gazebo-gazebo itu,” sebut Ketut.

Komitmen pemerintah desa dalam memajukan sektor pertanian terlihat jelas dengan alokasi anggaran mencapai ratusan juta rupiah untuk pembangunan infrastruktur.

“Sekitar Rp 500 juta yang dialokasikan,” tutup Ketut. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646