0%
logo header
Rabu, 17 Februari 2021 23:08

Guru di Konsel Tak Terima Dana Sertifikasi Triwulan IV, Begini Penjelasan Kadis Pendidikan

Falihin
Editor : Falihin
Gambar Ilustrasi. Foto: istimewa
Gambar Ilustrasi. Foto: istimewa

REPUBLIKNEWS.CO.ID, Kendari – Dana Sertifikasi Guru Triwulan IV Tahun 2020 tak kunjung diterima oleh para guru di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Hal itu diungkapkan oleh salah seorang guru yang tidak mau disebutkan namanya kepada media Republiknews.co.id melalui telpon selulernya, Selasa (16/02/2021).

Ia menuturkan, dana yang harusnya dicairkan pada Desember 2020 tersebut, hingga Februari 2021 tak kunjung diterima oleh seluruh Guru di Kabupaten Konsel.

“Kami dijanji bulan Januari 2021 mau dicairkan, tapi sampai sekarang belum kami terima. Sudah mau masuk bulan 3 untuk Triwulan I juga belum ada tanda-tanda pencairan,” ungkapnya.

Kapala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konsel, Erawan Supla Yuda, S.Pd.,M.Pd membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, Dinas Dikbud Konsel sudah berupaya untuk mengusulkan pencairan kepada BKD di akhir Desember 2020.

“Kami di pihak dinas di akhir bulan Desember mengajukan pencairan ke empat sesuai dengan ketentuan baik dana Kabupaten maupun dari pusat. Namun, kami belum tahu secara pasti kenapa BKD tidak mencairkan itu,” ungkapnya saat dihubungi melalui whatsapp pribadi, Rabu (17/02/2021).

Lanjutnya, untuk mentaktisi hal tersebut, Dinas Dikbud Konsel sudah mengusulkan ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan terkait pencairan Dana Sertifikasi Guru yang belum terbayarkan.

“Itu nanti sistemnya pakai SK Carry Over Insya Allah kalau bulan dua, bulan 3 sudah bisa dibayarkan, kalau Triwulan I 2021 itu kita masih menunggu dulu,” katanya.

Untuk itu, lanjut Erawan, Dinas Dikbud Konsel juga sudah melakukan rapat dengan DPRD Konsel terkait pembayaran Dana Sertifikasi Guru Triwulan IV tahun 2020.

“Sudah dianggarkan juga di APBD,” pungkasnya. (Akbar Tanjung)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646