0%
logo header
Selasa, 02 Mei 2023 18:52

Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 Tahun, Taufan Pawe Harap Lapas Didik WBP untuk Berkreasi

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 Tahun, Taufan Pawe Harap Lapas Didik WBP untuk Berkreasi

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE — Wali Kota Parepare, Taufan Pawe yang diwakili Kepala Inspektorat Parepare, M. Husni Syam menghadiri upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 Tahun, di Lapas Kelas IIA Parepare, Selasa (2/5/2023).

Dalam sambutannya, Taufan mengatakan, Hari Bhakti Pemasyarakatan atau Hari Pemasyarakatan Indonesia dijadikan sebagai media evaluasi untuk memperkokoh komitmen seluruh insan pemasyarakatan dalam mewujudkan tujuan dari sistem pemasyarakatan.

“Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-59 tahun 2023 diselenggarakan dengan maksudmemperkuat komitmen jajaran pemasyarakatan dalam berkinerja, meningkatkan motivasi, dan memacu inovasi dalam mencapai tujuan sistem pemasyarakatan,” katanya.

Baca Juga : Komitmen Menangkan Paslon TSM MO, Warga Padati Posko Pemenangan Tasming Hamid-Hermanto

Taufan menjelaskan, dalam upaya merehabilitasi perilaku dan sikap mental para narapidana, tentunya tidak dapat dilakukan oleh Lapas itu sendiri. Akan tetapi, kata dia, memerlukan hubungan sinergis dan komitmen yang setara antara unsur penyelenggara Pemerintah Daerah dan semua unsur penegak keadilan di wilayah Kota Parepare.

“Saya berharap Lapas dapat melakukan pembinaan kepada warga binaan dalam hal pengembangan ekonomi kreatif. Pengembangan ekonomi kreatif tersebut bertujuan agar warga binaan menjadi produktif dan memiliki kemampuan lebih setelah bebas dari Lapas. Mereka bisa jadi orang yang berguna setelah keluar dari Lapas,” ungkapnya.

Olehnya itu, lanjut Taufan pihaknya berharap Lapas ini merupakan tempat untuk membin, manusia, sehingga kita dapat memanusiakan warga binaan agar dapat diterima oleh masyarakat kembali. Saya juga juga berpesan agar Lapas Kota Parepare dapat berkoordinasi dengan baik bersama Pemkot Parepare untuk melaksanakan berbagai kegiatan.

Baca Juga : Peletakan Batu Pertama Perumahan Pesona Mario, 50 Unit Rumah Terjual Habis Sebelum Dibangun

“Kita harus saling bersinergi untuk bisa mencapai tujuan yang kita inginkan,” ujarnya.

Taufan menenrangkan, Lapas diharapkan dapat terus mendidik warga binaan untuk terus berkreasi menghasilkan karya yang bernilai ekonomi, serta mampu mandiri dan berkompetisi di tengah lingkungan masyarakat setelah selesai menjalani masa pembinaan.

“Lapas hari ini harus mampu menyentuh berbagai program pembinaan. Sehingga dapat mengantarkan mereka memjadi manusia yang berkualitas, terampil dan mandiri, tujuannya akan membentuk SDM yang dapat berkontribusi dan mendukung kemajuan perekonomian daerah,” tandasnya. (Adv)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646