0%
logo header
Jumat, 26 Agustus 2022 10:47

Intensitas Hujan Tinggi, BPBD Luwu Timur Imbau Warga Waspada Bencana Banjir dan Longsor

Asril Astian
Editor : Asril Astian
Gambar Ilustrasi
Gambar Ilustrasi

REPUBLIKNEWS.CO.ID, LUWU TIMUR- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan selama bulan Agustus 2022 di Kabupaten Luwu Timur, tinggi.

Hal itu disampaikan Operator Pelaksana Teknis Tugas Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Badan Penangngulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Timur, Asep.

“Kalau dilihat dari data curah hujan tahun lalu. Pada bulan Agustus curah hujan wilayah Luwu Timur cukup tinggi dan hujannya biasa terjadi di sore-malam,” kata Asep, Kamis (25/08/2022).

Baca Juga : Hadapi Cuaca Ekstrem, Begini Kiat PLN Untuk Keamanan Penggunaan Listrik

Asep menambahkan, dinamika atmosfer pada bulan ini, mendukung naiknya intensitas curah hujan. Itu meliputi wilayah sekitar Teluk Bone, termasuk Luwu Timur. Dalam bulan ini, intensitas curah hujannya tinggi.

“Upaya dini yang dapat dilakukan yaitu meningkatkan koordinasi dengan BMKG di daerah. Pemantauan dilakukan secara berkala informasi iklim dan perkembangan cuaca maupun peringatan dini cuaca ekstrem.” tambahnya.

Selain itu, BPBD Luwu Timur juga meningkatkan koordinasi antar dinas terkait untuk melakukan langkah kesiapsiagaan sesuai tugas pokok fungsi dan kewenangan.

Baca Juga : Serahkan Bantuan ke Warga Terdampak Angin Kencang, IDP: Waspada Cuaca Ekstrem

“Untuk warga yang bermukim di sekitar wilayah rawan bencana banjir ataupun di wilayah bantaran sungai diminta untuk kewaspadaanya. Utamanya dalam musim penghujan ini, pantau terus informasi dari instansi terkait,” pesan BPBD Luwu Timur.

Selain bencana tanah longsor dan banjir akibat hujan, warga juga mewaspadai pohon tumbang. Di pinggir Jalan Poros Trans Sulawesi, banyak pohon pelindung yang ukurannya sudah besar di wilayah Luwu Timur.

Hal ini dikhawatirkan warga, saat musim hujan dan angin kencang terjadi. Pohon bisa tumbang dan menimpa warga yang melintas.

Baca Juga : Agar Tahu Apa yang Harus Dilakukan, BPBD Luwu Timur Simulasi Kesiapsiagaan Ancaman Gempa Bumi

Warga Desa Puncak Indah, Muhammad mengatakan pohon tumbang akibat dihantam angin kencang sangat perlu diwaspadai.

Di sejumlah wilayah di Luwu Timur laporan pohon tumbang terjadi, saat hujan dan angin kencang. Meskipun sejauh ini belum ada laporan warga yang tertimpa pohon tumbang.

“Apa mitigasi bencananya? Jangan ada kejadian baru bertindak?” katanya.

Baca Juga : BPBD Luwu Timur Imbau Warga Waspada Curah Hujan Tinggi

Ia juga menyarankan pemerintah menyediakan nomor call center, OPD apa yang bisa dihubungi untuk menebang pohon ini.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646