0%
logo header
Selasa, 13 Februari 2024 23:33

Jelang Pencoblosan, Bupati Gowa Pantau Persiapan di TPS

Chaerani
Editor : Chaerani
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat melakukan peninjauan kesiapan di sejumlah TPS, Selasa, (13/02/2024). (Dok. Humas Gowa)
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat melakukan peninjauan kesiapan di sejumlah TPS, Selasa, (13/02/2024). (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan melakukan peninjauan di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna memastikan kesiapan menjelang pencoblosan pada Rabu, 14 Februari 2024 besok.

Dalam peninjauannya, Adnan didampingi Forkopimda setempat, Ketua Bawaslu, dan Ketua KPU Kabupaten Gowa. Adapun TPS yang dikunjungi yakni TPS 17 Kelurahan Tompobalang, di Kecamatan Somba Opu, TPS 45, TPS 49, TPA 53, dan TPS 54 di Desa Bontoala, Kecamatan Pallangga.

“Peninjauan ini untuk memantau kesiapan TPS dalam pelaksanaan pemilihan umum besok. Melihat dari kesiapan yang ada Insya Allah malam hari ini semua TPS telah selesai dibangun, dan besok pagi mereka sudah bisa melaksanakan pemilihan,” ungkapnya, di sela-sela peninjauan, Selasa, (13/02/2024).

Baca Juga : Cikal Bakal Generasi Emas 2045, Ketua DPRD Sulsel Motivasi Siswa SMA Metro School

Tak hanya itu, pihaknya juga memastikan pemahaman penyelenggara dan petugas TPS setempat agar masyarakat yang datang untuk memilih diberi kemudahan dalam menyalurkan hak pilihnya. Khususnya terkait persyaratan yang harus ada.

“Kami juga menanyakan langsung terkait persyaratan-persyaratan untuk memilih
sekaligus mengecek apakah semua penyelenggara ini sudah memiliki pemahaman yang sama sampai ke tingkat KPPS. Seperti ketika masyarakat lupa membawa KTP itu bisa memilih atau mencoblos dengan alternatif memperlihatkan foto copy KTP, atau foto KTP yang ada di handphone,” jelasnya.

Sementara, Lurah Tompobalang, Andi Abd. Kadir Mappaturung mengatakan, di wilayahnya terdapat 30 TPS dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 8.409 orang.

Baca Juga : Rakorsus Pemkot Makassar Hadirkan Enam Pembicara dari Lima Negara, Bahas Soal Low Carbon City

“TPS kita ada 30 dan ini bertambah empat jika dibandingkan pemilihan lalu. Khusus di TPS 17 ini Insya Allah kesiapannya akan selesai pada malam hari. Sehingga besok semua sudah siap dilakukan pemilihan,” katanya.

Sementara, di Desa Bontoala terdapat 54 TPS dengan jumlah DPT sebanyak 15.196 orang.

Adapun jumlah TPS yang tersebar se-Kabupaten Gowa yakni sebanyak 2.133 dengan jumlah DPT 561.624 pemilih.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646