0%
logo header
Selasa, 16 Juli 2024 18:31

Kalapas IIA Parepare Buka Rangkaian Acara HUT Kemerdekaan RI dan Hari Pengayoman

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Kalapas IIA Parepare Buka Rangkaian Acara HUT Kemerdekaan RI dan Hari Pengayoman

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Parepare, Totok Budiyanto, resmi membuka pertandingan olahraga antar petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 dan Hari Pengayoman ke-79, pada Selasa, 16 Juli 2024.

Upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Totok Budiyanto berlangsung khidmat dan dihadiri oleh seluruh Pejabat Struktural Eselon IVA VA, Pejabat Fungsional Umum dan Tertentu, Komandan Regu Pengamanan beserta jajaran, serta Warga Binaan Pemasyarakatan.

Kegiatan ini didasarkan pada Surat Plt. Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI Nomor: SEK-UM.01.01-659 tanggal 12 Juli 2024 tentang Pedoman Pelaksanaan Rangkaian Peringatan Hari Pengayoman Ke-79 Tahun 2024.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Atensi Dinamika Isu Pergantian Pj Wali Kota Parepare

Tema peringatan Hari Pengayoman tahun ini adalah “Kementerian Hukum dan HAM Mengabdi Untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045”, sementara tema HUT Kemerdekaan RI ke-79 adalah “Nusantara Baru, Indonesia Maju”.

Serangkaian pertandingan dan lomba yang akan diadakan secara internal meliputi bola voli, sepak takraw, tenis lapangan, catur, tenis meja, lomba adzan, qultum, hafalan surat pendek, karaoke, fashion show, lomba balap karung, lomba makan kerupuk, dan pertandingan tarik tambang.

Selain itu, secara nasional, akan ada kegiatan seperti ziarah serentak ke Taman Makam Pahlawan (TMP), silaturahmi dengan sesepuh Pengayoman, wisuda purnabakti Pengayoman, Kumham Peduli/Berbagi, pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, kebanggaan memakai produk hasil karya WBP, pertandingan menembak, dan tenis lapangan.

Baca Juga : TSM-MO Tegaskan Soreang Basis Utama di Pilwalkot Parepare, Targetkan 70 Persen Suara

Kepala Lapas IIA Parepare, Totok Budiyanto, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya semangat kemerdekaan dan pengayoman dalam menjalankan tugas sehari-hari. Ia juga menekankan bahwa peringatan HUT Kemerdekaan RI dan Hari Pengayoman merupakan momen refleksi untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Totok Budiyanto mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas partisipasi aktif seluruh petugas dalam kegiatan ini, yang menunjukkan komitmen mereka terhadap nilai-nilai kemerdekaan dan pengayoman.

Rangkaian kegiatan yang akan berlangsung selama sebulan ke depan meliputi berbagai acara seperti lomba-lomba tradisional, bakti sosial, seminar, dan kegiatan olahraga. Kegiatan-kegiatan ini dirancang untuk mempererat kebersamaan, meningkatkan semangat nasionalisme, dan membangun integritas di lingkungan Lapas IIA Parepare.

Baca Juga : Tasming-Hermanto Paparkan 18 Program Unggulan: Prioritaskan Kemudahan Investasi dan Kesejahteraan Warga Parepare

Totok Budiyanto berharap seluruh rangkaian kegiatan ini dapat berjalan lancar dan tertib serta memberikan manfaat positif bagi semua pihak yang terlibat.

Pada kesempatan tersebut, secara simbolis Kepala Lapas IIA Parepare menyerahkan peralatan olahraga kepada Ketua Panitia Kegiatan. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646