0%
logo header
Sabtu, 07 September 2024 01:54

Kapolres Kepulauan Selayar Tekankan Pentingnya Peranan Media di Pilkada Serentak 2024

Rizal
Editor : Rizal
Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP Adnan Pandibu menggelar acara ngopi bareng dengan jurnalis dan para awak media di Klasik Coffee, Jalan Emmy Saelan, Benteng, Kamis (5/9/2024). (Foto: Istimewa)
Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP Adnan Pandibu menggelar acara ngopi bareng dengan jurnalis dan para awak media di Klasik Coffee, Jalan Emmy Saelan, Benteng, Kamis (5/9/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SELAYAR – Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP Adnan Pandibu menggelar acara ngopi bareng dengan jurnalis dan para awak media di Klasik Coffee, Jalan Emmy Saelan, Benteng, Kamis (5/9/2024) malam. Kegiatan itu mengusung tema “Bersama Sukseskan Pilkada Serentak 2024”.

Pada kesempatan itu, AKBP Adnan menyampaikan bahwa pers memiliki peran penting dalam masyarakat sebagai pilar keempat dalam sistem demokrasi, yang berfungsi sebagai lembaga independen.

“Bagi saya, media pers itu merdeka dan tidak bisa diintervensi. Kami tidak bisa membatasinya, hal yang bisa kami lakukan hanya berkomunikasi. Kami bertanggung jawab menjaga situasi Kamtibmas, dan itu yang perlu kami komunikasikan. Kami harap dukungan rekan-rekan jurnalis,” kata AKBP Adnan.

Baca Juga : Pemilih Pemula Wajib Dilibatkan dalam Proses Pilkada di Kabupaten Mappi

Ia juga menjelaskan bahwa media berfungsi sebagai kontrol sosial. Oleh karena itu, prinsip-prinsip jurnalisme yang baik, seperti keberimbangan berita dan keabsahan, harus dipegang teguh dalam memberikan informasi, khususnya menghadapi atmosfer Pilkada 2024 mendatang.

Adnan juga menekankan agar pers tidak terpengaruh oleh kepentingan politik sehingga dapat menjalankan perannya dengan baik. “Independensi akan mempengaruhi peran pers dalam kontestasi politik,” terangnya.

Media harus memahami etika profesi dan standar SOP dalam menyajikan narasi informasi, serta diharapkan dapat memilah antara kepentingan pribadi dan profesi.

Baca Juga : Bentuk Organisasi Bernama SPDP, Relawan Nurdin Abdullah Siap Menangkan Danny-Azhar

“Jaga integritas, hindari narasi provokasi yang bisa memicu timbulnya konflik dan gejolak di tengah masyarakat,” tambahnya.

Terakhir, Adnan berharap para jurnalis dapat menyambut pilkada dengan baik serta ikut terlibat dalam menjaga keamanan dan perdamaian daerah.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Kepulauan Selayar juga didampingi oleh Kasat Reskrim Polres Selayar Iptu Muh Rifai, Kanit Tipidter Ipda Suhartono Pranoto, serta Kasi Humas Polres Selayar, Aipda Suardi Andre. (*)

Penulis : Andi Rusman
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646