0%
logo header
Kamis, 22 Agustus 2024 11:32

Kapolres Mappi Ingatkan Anggota Polisi, Jaga Netralitas Pilkada 2024

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Anggota Polres Mappi mengikuti Latihan Ops. Mantap Praja Cartenz 2024. (Foto: Humas Polres Mappi)
Anggota Polres Mappi mengikuti Latihan Ops. Mantap Praja Cartenz 2024. (Foto: Humas Polres Mappi)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAPPI – Kapolres AKBP Yustinus S. Kadang mengajak seluruh jajaran di Kepolisian Resor (Polres) Mappi untuk tetap menjaga netralitas dalam tugas pengamanan penyelenggaraan Pilkada 2024 baik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) maupun Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup).

Ajakan Kapolres Yustinus S. Kadang disampaikan saat membuka kegiatan Latihan Pra Operasi Mantap Praja Cartenz menjelang Pilkada 2024 di Aula Rupatama Polres Mappi, Selasa (20/08/2024).

Kapolres Yustinus mengingatkan seluruh anggota Polres Mappi yang hadir sebagai peserta yang hadir untuk selalu bersikap netral dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis, tetapi tetap memantau setiap perkembangan politik di wilayah hukumnya, agar bisa mengantisipasi gangguan kamtibmas serta memberikan informasi untuk dapat mengambil langkah-langkah preventif dalam pengamanan.

Baca Juga : Polres Mappi Terjunkan Ratusan Personel Pengamanan Tahapan Penetapan Paslon Pilkada 2024

“Mari bersikap netral dengan tidak memihak pada salah satu paslon, tetapi kita harus tahu perkembangan politik sehingga potensi-potensi gangguan kamtibmas dapat di antisipasi bersama,” ajak AKBP Yustinus dalam kegiatan itu.

AKBP Yustinus mengatakan, latihan Pra Operasi Mantap Praja Cartenz 2024 merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka kesiapan menghadap pelaksanaan seluruh tahapan mulai dari awal hingga akhir agenda Pilkada 2024.

“Tujuan kegiatan ini adalah memberikan gambaran dan pengetahuan kepada anggota,  bagaimana nanti dalam pelaksanaan operasi sehingga kegiatan ini jangan di jadikan formalitas saja,” Yustinus.

Baca Juga : KPU Mappi Tetapkan DPT Pilkada 2024 Berjumlah 82.154 Pemilih

Kesiapsiagaan, kata Yustinus, sangat penting guna mengantisipasi segala potensi kerawanan baik pra maupun pasca pelaksanaan, sehingga konflik dan gangguan keamanan sosial bisa diminimalisir bahkan diredam. Apalagi konstelasi Pilkada ini dimungkinkan memicu perseteruan antar kubu pendukung Paslon.

“Kita bersyukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada seluruh pihak pada saat ini situasi kamtibmas di Mappi masih dalam kondisi normal. Aktivitas masyarakat masih berjalan. Nmun demikian, kita jangan terlena tetapi berupaya untuk memelihara keamanan dan mencegah gangguan kamtibmas,” imbuh Yustinus.

“Ada masalah yang mungkin nanti berpotensi dalam gangguan kamtibmas segera diselesaikan, sehingga tidak mengganggu jalannya tahapan pilkada nantinya,” sambung Kapolres.

Baca Juga : KPU Mappi Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Kampanye dan Dana Kampanye Pilkada 2024

Hadir pada pembukaan kegiatan Latihan Pra Operasional Cartenz 2024 Wakapolres Mappi, Kompol Klemens Titirlolobi, anggota Bawaslu Kabupaten Mappi Divisi P3S, Ansar serta seluruh pejabat di lingkup Polres Mappi. Kegiatan selama dua hari ini, mendatangkan narasumber yang memberikan pembekalan kepada personil dalam rangka pengamanan Pilkada 2024. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646