0%
logo header
Sabtu, 19 Februari 2022 20:32

Kapolri Imbau Masyarakat Terpapar Covid-19 Dirawat di Isoter

Rizal
Editor : Rizal
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berdialog dengan tenaga kesehatan saat mengunjungi lokasi isoter di Jawa Timur, Sabtu (19/2/2022). (Foto: Istimewa)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berdialog dengan tenaga kesehatan saat mengunjungi lokasi isoter di Jawa Timur, Sabtu (19/2/2022). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SURABAYA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau masyarakat yang terpapar Covid-19 namun tak bisa melakukan isolasi mandiri agar melaksanakan isolasi terpusat alias isoter. Hal ini dilakukan guna mengurangi risiko penyebaran Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Kapolri saat meninjau tempat isolasi terpusat (isoter) di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (19/2/2022).

“Saya imbau masyarakat yang rumahnya kurang memenuhi persyaratan untuk melaksanakan isolasi mandiri agar memilih untuk dirawat di isoter,” kata Sigit.

Baca Juga : Pasangan Ideal, Jaringan Kesehatan Makassar Solid Dukung Appi-Aliyah

Secara khusus, ia meminta masyarakat yang mempunyai komorbid dan lansia walaupun bergejala ringan saat terpapar Covid-19 juga melaksanakan isolasi terpusat.

“Isoter ini sangat baik dari sisi pengobatan maupun pelayanan tenaga medis. Makanya bagi yang memiliki komorbid walaupun gejala ringan kita sarankan di isoter karena memang tenaga kesehatan, obat-obatan, perawatan dan pengawasannya jauh lebih baik,” harapnya.

“Walaupun kita tahu secara umum tingkat fatalitas maupun kematian masih rendah tapi tetap berisiko bagi masyarakat lansia komorbid dan juga vaksinasi belum lengkap,” tambah Sigit.

Baca Juga : IOH Group dan Accenture Siap Bangun Peradaban Ekonomi Digital Indonesia

Menurutnya, angka harian Covid-19 varian Omicron saat ini sudah melampaui angka harian varian delta. Untuk itu, perlu strategi dan penanganan khusus agar angka harian Covid-19 kembali landai.

“Salah satunya dengan memotong kecenderungan terjadinya penularan salah satunya memisahkan masyarakat yang terpapar bisa dirawat dengan khusus sehingga tak ada risiko penularan,” demikian Sigit.

Pada kesempatan tersebut, mantan Kapolda Banten itu juga berdialog dengan tenaga kesehatan dan masyarakat yang dirawat di isoter. Kapolri pun memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang ada di isoter atas pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang terpapar Covid-19. (*)

Penulis : Wahyu Widodo
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646