0%
logo header
Selasa, 15 Juni 2021 16:49

Kebijakan Perpanjang PPKM Mikro, Wabup Gowa: Kita Harus Dukung

Rizal
Editor : Rizal
Kebijakan Perpanjang PPKM Mikro, Wabup Gowa: Kita Harus Dukung

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA – Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni mengikuti Rapat Koordinasi Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di 34 provinsi secara virtual. Kegiatan ini berlangsung di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Senin (14/06/2021) malam kemarin.

Ia mengaku mendukung langkah pemerintah pusat untuk memperpanjang kebijakan PPKM di beberapa daerah yang dinilai pertumbuhan kasus Covid-19 masih tinggi. Salah satunya di Sulawesi Selatan. Pasalnya, dalam menekan angka penularan Covid-19 aktivitas masyarakat harus dibatasi.

“Kita tentu mendukung jika PPKM ini dilanjutkan. Kebijakan ini diambil dengan berbagai pertimbangan salah satunya kasus aktif yang mengalami peningkatan,” jelasnya.

Baca Juga : Beredar Pamflet KLB PC PMII Baubau, Ketua Komsat PMII UMB: Itu Mengada-ngada

Saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Gowa cukup stabil hanya saja testing dan tracing belum maksimal dilakukan, sehingga penerapan protokol kesehatan ketat sangat dibutuhkan.

“Kasus di Gowa mengalami tren penurunan. Tapi jangan menganggap enteng dan selalu terapkan protokol kesehatan,” terangnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan, tren peningkatan kasus Covid-19 masih mengalami peningkatan. Sehingga harus segera dikendalikan melalui testing, tracing dan penguatan penerapan PPKM Mikro.

Baca Juga : Wabup Gowa Minta Layanan Koperasi Melek Teknologi

“Tren kasus aktif Indonesia mrngalami peningkatan pasca idul fitri, per 14 Juni bertambah 8.189 kasus,” katanya.

Kenaikan banyak diakibatkan kasus tambahan baru seperti terjadi di 10 provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Aceh, DIY, Banten, Sumatera Barat dan Sulawesi Selatan.

Dirinya meminta seluruh kabupaten/kota di Indonesia untuk melakukan perpanjangan tahap sepuluh yang akan mulai diberlakukan mulai 15-28 Juni 2021 sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri yang sedang dalam proses penyelesaian.

Baca Juga : Kabupaten Gowa Jadi Lokasi Pelaksanaan KKN Mahasiswa Muhammadiyah dan Aisyiyah di Indonesia

“PPKM Mikro akan diperpanjang untuk tanggal 15 hingga 28 Juni 2021 dan dalam pengaturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, harus mempertimbangkan perkembangan zonasi risko wilayah di masing-masing daerah,” ujar Airlangga. (Rhany)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 852-9999-3998