0%
logo header
Minggu, 11 Februari 2024 16:15

Ketua Bawaslu Sulsel Ingatkan Dua Poin Penting Pengawasan Pemilu

Ketua Bawaslu Sulsel, Mardiana Rusli. (ist)
Ketua Bawaslu Sulsel, Mardiana Rusli. (ist)

REPUBLIKNEWS.CO.ID,SINJAI — Dalam rangka memaksimalkan patroli pengawasan berbasis TPS pada Pemilu 2024 ini, Badan Pengawas Pemilu se-Sulawesi Selatan menggelar Apel Siaga Pengawasan. Salah satunya, Badan Pengawas Pemilu di Sinjai.

Apel Siaga Pengawasan Pemilu yang diselenggarakan di Lapangan Sinjai Bersatu, Jalan Tondong, Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara dihadiri 830 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Sembilan Kecamatan di Kabupaten Sinjai.

Dihadiri langsung Ketua Bawaslu Sulsel, Mardiana Rusli mengingatkan kendali pengawasan itu harus maksimal di TPS.

Baca Juga : Pemilu 2024: 6 PPK Sinjai Selesai Rekapitulasi Suara, 2 Kecamatan Menyusul Malam Ini

Meski demikian, pada pengawasan pemilu 2024 ini para pengawas diminta untuk fokus pada dua aspek pengawasan. Pertama, esensi nilai dari hak konsitusi warga yang bersyarat harus menggunakan hak pilihnya dihari pemungutan suara.

“Kendala teknis misalnya, dia tidak terdaftar di DPT dimaksimalkan harus terakomodir dalam DPK dan memastikan suara ini benar-benar tidak terjadi manipulasi makanya kita bertugas menjaga kemurnian suara pemilih. Dan itulah tujuan pengawas,” ungkapnya dihadapan ratusan pengawas, Minggu (11/2/2024).

Lanjut kata Mardiana, ketika ada masalah terkait dengan angka-angka C1 itulah yang harus dikoreksi pengawas TPS sebagai bentuk tugas dan kewajiban. Sesungguhnya, ikhtiar adalah kekuatan dari kendali pengawasan ada di TPS.

Baca Juga : Kejutan Golkar Di Dapil Luwu Utara I Amankan Tiga Kursi

“Sejauh ini, pengetahuan teknis yang harus kita kuatkan agar pengawas mampu memahami tugas kerja dari KPPS. Termasuk, mekanisme dan prosedural yang dilakukan dengan semua peristiwa kepemiluan di TPS harus dicatat di font kejadian C dan itu banyak biasa diabaikan,” bebernya.

Selanjutnya aspek kedua, pengawas TPS secara administrasi harus membuat laporan hasil pengawasan secara struktural. Jadi, ada laporan yang wajib disampaikan untuk para pengawas mulai pencoblosan hingga pemungutan suara.

Mardiana pun berharap agar Pemilu 2024 ini bisa berjalan lancar dan tetap menjaga marwah lembaga Dimata masyarakat Sinjai.

Baca Juga : Semarak Perayaan Imlek 2024 di Bulukumba, Chris Thamrin: Momen Berbagi Kebahagiaan dan Empati

“Kita semua berharap agar Pemilu 2024 harus berjalan dengan maksimal dan tetap menjaga harga diri dan marwah kelembagaan,” pungkasnya.

Penulis: Asrianto

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646