0%
logo header
Rabu, 27 Juli 2022 14:27

KPU Gowa Libatkan Tokoh Agama Ciptakan Pemilu Damai dan Tingkatan Partisipasi Pemilih

Fathir
Editor : Fathir
Ketua KPU Gowa Muhtar Muis saat melakukan audiensi ke MUI Gowa di Kantor Sekretariat MUI Gowa, Jalam Agussalim, Sungguminasa, Selasa (26/7). (Dok. KPU Gowa)
Ketua KPU Gowa Muhtar Muis saat melakukan audiensi ke MUI Gowa di Kantor Sekretariat MUI Gowa, Jalam Agussalim, Sungguminasa, Selasa (26/7). (Dok. KPU Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa melibatkan peran tokoh agama untuk menciptakan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang yang damai. Khususnya di wilayah Kabupaten Gowa.

Hal ini dibahas dalam pertemuan yang dilakukan KPU Gowa bersama ulama yang tergabung dalam Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gowa yang berlangsung di Kantor Sekretariat MUI Gowa, Jalan H. Agussalim, Sungguminasa, Selasa (26/7) kemarin.

Ketua KPU Gowa Muhtar Muis mengatakan, pada seluruh tahapan Pemilu 2024 mendatang pihaknya mengharapkan ada bantuan dan kontribusi dari para tokoh agama khususnya MUI Gowa.

Baca Juga : OJK Minta Lembaga Jasa Keuangan Evaluasi Dampak Konflik di Timur Tengah

“MUI merupakan lembaga yang berpengaruh bagi ummat Muslim yang kami anggap dapat mengajak dan menyampaikan informasi terkait seluruh proses Pemilu 2024 kepada masyarakat,” katanya dikonfirmasi via WhatsApp, Rabu (27/07/2022).

Muhtar menambahkan, termasuk membantu KPU Gowa mengedukasi masyarakat terkait nilai-nilai keagamaan pada proses berdemokrasi seperti pada pemilu 2024 yang akan datang. Apalagi diketahui, konflik keagamaan sangat mudah dalam memecah umat beragama.

“Dengan peran tokoh agama ini kita bisa menciptakan pemilu yang damai, aman dan sejuk. Minimal seperti kondisi pada Pilkada Gowa dua tahun lalu yang sangat damai tanpa perpecahan dan konflik,” harapnya.

Baca Juga : Bupati Gowa Hadiri Langsung Sertijab Pangdivif 3 Kostrad

Selain MUI Gowa, pihaknya juga akan membangun kolaborasi dengan seluruh tokoh lintas agama lainnya agar berperan aktif menyukseskan Pemilu 2024. Termasuk mendorong bagaimana partisipasi pemilih nantinya dapat terus meningkat atau seperti pada Pilkada 2020.

“Minimal kita bisa mencapai target nasional atau paling tidak sama seperti Pemilu 2020 kemarin yaitu 78 persen capaian partisipasi pemilih,” katanya.

Sementara, Ketua MUI Gowa KH Abu Bakar Pakai menyambut baik apa yang menjadi harapan KPU Gowa.

Baca Juga : Wabup Gowa Ingatkan Tanggungjawab ASN di Hari Kesadaran Nasional

“Tentunya kita siap mendukung dan mengajak masyarakat Kabupaten Gowa melaksanakan proses pemilu dengan baik. Berdemokrasi secara adil, damai dan sejuk, termasuk berkontribusi dalam menumbuhkan semangat dan kerukunan antar umat beragama dalam pesta demokrasi nantinya,” katanya singkat. (*)

Penulis : Chaerani
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646