0%
logo header
Minggu, 15 September 2024 17:02

KPU Mappi Publikasikan Visi-Misi Bapaslon Pilkada 2024 dan Minta Tanggapan Masyarakat

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Ketua KPU Kabupaten Mappi, Yati Enoch. (Foto: Hendrik Resi/republiknews.co.id)
Ketua KPU Kabupaten Mappi, Yati Enoch. (Foto: Hendrik Resi/republiknews.co.id)

REPUBLKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mappi mempublikasikan atau mengumumkan visi-misi empat (4) bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati sebagai kontestan Pilkada 2024 dan meminta tanggapan dari masyarakat perihal bakal pasangan calon beserta kelengkapan dokumen persyaratan selama tiga hari dari tanggal 15-18 September 2024.

Visi-misi yang diumumkan atau dipublikasikan kepada masyarakat
diharapkan sejalan dengan arah kebijakan pembangunan daerah yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dan rencana pembangunan jangka panjang daerah atau RPJPD).

Ketua KPU Kabupaten Mappi, Yati Enoch mengatakan publikasi visi-misi bakal pasangan calon agar masyarakat bisa melihat sekaligus memberikan tanggapan terkait calon dan dokumen persyaratan. Tanggapan masyarakat disampaikan ke KPU sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan 15-18 September 2024.

Baca Juga : Pemilih Pemula Wajib Dilibatkan dalam Proses Pilkada di Kabupaten Mappi

“Masyarakat yang memberikan tanggapan harus memenuhi syarat dengan melampirkan KTP. Isi dari tanggapan harus disampaikan kepada KPU Mappi. Kami juga publish dokumen visi-misi dari bakal pasangan calon. Kami telah memberikan format kepada Paslon untuk mengisi surat pernyataan bahwa visi-misi mereka telah sesuai dengan RPJMD dan RPJPD di Kabupaten Mappi,” jelas Yati Enoch kepada awak media di Merauke, Sabtu (14/09/2024).

Yati Enoch mengatakan, KPU telah memfasilitasi Bappeda Kabupaten Mappi guna melakukan sosialisasi dokumen RPJMD dan RPJPD kepada partai politik pengusung dan tim kerja masing-masing bakal calon Bupati dan Wakil Bupati. Bappeda juga sudah menyerahkan dokumen RPJMD dan RPJPD kepada KPU Mappi dan sudah diteruskan/diserahkan kepala peserta Pilkada untuk menjadi acuan visi dan misi.

“Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Mappi sudah menyerahkan visi dan misi kepada KPU dan akan dipublish untuk diketahui masyarakat. Kami KPU Kabupaten Mappi tentunya menjalankan tahapan Pilkada Serentak 2024 sesuai jadwal dan regulasi serta aturan-aturan yang ada sehingga Pilkada jalan aman dan damai,” tutupnya.

Baca Juga : Bawaslu Mappi Utamakan Tindakan Pencegahan dalam Pengawasan Pilkada 2024

Ia menambahkan terkait distribusi logistik tahap pertama dari KPU Papua Selatan, KPU Kabupaten Mappi telah menyiapkan gudang penyimpanan yang cukup menampung logistik di Jalan Kalimantan, Keputusan ibukota Mappi. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646