0%
logo header
Jumat, 04 Oktober 2024 23:50

KPU Papua Selatan Terima Pendaftaran Cawagub Yusak Yaluwo Pengganti Petrus Safan

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Penyerahan berkas pendaftaran calon pengganti Wakil Gubernur Papua Selatan dari Paslon Darius Gewilon Gebze-Yusak Yaluwo kepada Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuze. (Foto: Hendrik Resi / Republiknews.co.id)
Penyerahan berkas pendaftaran calon pengganti Wakil Gubernur Papua Selatan dari Paslon Darius Gewilon Gebze-Yusak Yaluwo kepada Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuze. (Foto: Hendrik Resi / Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Selatan, Jumat (04/10/2024), menerima berkas pendaftaran Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Yusak Yaluwo sebagai pengganti Almarhum Petrus Safan, calon wakil gubernur nomor urut 1 yang meninggal dunia tanggal 28 September 2024 lalu.

Calon Gubernur Yusak Yaluwo mendampingi Calon Gubernur Darius Gewilon Gebze siap bertarung di perhelatan pesta demokrasi Pilkada Papua Selatan 2024, yang diusung oleh Partai Golkar, Demokrat, Gerindra dan Perindo dengan total perolehan suara sah (empat parpol) sebanyak 75.325 suara.

Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuze menyebutkan, pengusulan cawagub pengganti sesuai Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 8 tahun 2024 bahwa calon pengganti dapat diusulkan partai politik (Parpol) pengusung terhitung tujuh (7) hari sejak hari meninggalnya calon terdahulu.

Baca Juga : KPU Papua Selatan Tetapkan 356.147 DPT di Pilkada 2024

“Kita ketahui bersama Calon Wakil Gubernur Papua Selatan nomor urut satu, Petrus Safan telah berpulang beberapa waktu yang lalu. Kami dari KPU menyatakan turut berdukacita. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” ujar Theresia Mahuze dalam sambutannya pada penerimaan pendaftaran calon wakil gubernur pengganti.

Theresia Mahuze mengatakan, mekanisme pergantian calon Wakil Gubernur Papua Selatan, prosesnya mulai dari awal. KPU membuka pendaftaran selama 3 hari (3-5 Oktober 2024). Setelah menerima berkas pendaftaran, selanjutnya dilakukan penelitian administrasi berkas atau dokumen.

“Namun pada proses pergantian calon ini, tidak ada yang penelitian administrasi perbaikan. KPU memberikan tanda terima jika berkasnya lengkap dan benar. Setelah ini, calon akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Merauke,” kata Theresia Mahuze.

Baca Juga : Calon Petahana Wajib Cuti Kampanye, Dilarang Gunakan Fasilitas Negara

“Hari ini, setelah kita terima berkas pendaftaran dan melakukan proses pemeriksaan dokumen syarat calon dan syarat pencalonan, maka kita nyatakan lengkap dan benar. Kita akan lakukan penelitian selama tiga hari kedepan,” sambungnya.

Tahapan selanjutnya, kata Theresia Mahuze, dokumen keaslian calon pengganti dari nomor urut 1 akan diserahkan ke Majelis Rakyat Papua Selatan (MRPS) untuk dilakukan verifikasi administrasi dan faktual.

“Setelah ini, calon pengganti kami berikan surat pengantar untuk pemeriksaan kesehatan yang dijadwalkan jam 07.00 WIT, Sabtu (05/10/2004) di RSUD Merauke. Pemeriksaan kesehatan dilakukan secara menyeluruh baik jasmani maupun rohani serta pemeriksaan bebas narkotika dari pihak BNN,” jelasnya.

Baca Juga : KPU Papua Selatan Agendakan Jadwal Kampanye Pilkada 25 September – 23 November 2024

“Jika semua proses ini berjalan baik, termasuk hasil verifikasi keaslian OAP dari Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Selatan barulah KPU Papua Selatan akan menetapkannya pada 11 Oktober 2024,” tandas Theresia Mahuze.

Dalam kesempatan itu, Calon Gubernur Papua Selatan nomor urut 1, Darius Gewilon Gebze yang didampingi calon wakil gubernur, Yusak Yaluwo menyampaikan apresiasi kepada KPU Papua Selatan yang telah menerima pendaftaran calon gubernur pengganti Petrus Safan yang tutup usia beberapa waktu lalu.

“Kami ucapkan terima kasih kepada KPU Papua Selatan yang telah menerima kami kembali untuk mendaftar yang kedua kali di tempat ini. Kam akan tetap mengikuti mekanisme pergantian calon wakil gubernur dari Bapak Almarhum Petrus Safan kepada Bapak Yusak Yaluwo sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan,” ucap Darius Gewilon Gebze.

Baca Juga : Peringatan Maulid Nabi, Wabup Merauke Ajak Umat Tingkatkan Persatuan dan Kerukunan

“Semoga semua proses ini bisa berjalan dengan baik dan saya bersama Bapak Yusak Yaluwo benar-benar akan menjadi kontestan yang bertarung di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Selatan 2024 ini,” pungkasnya. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646