0%
logo header
Rabu, 18 Oktober 2023 15:57

Kredit Kukar Idaman: Inovasi untuk Kemakmuran Petani, Nelayan dan Pembudidaya Ikan

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Bupati Kukar Edi Damansyah, saat menghadiri kegiatan program "Kredit Kukar Idaman". (Istimewa)
Bupati Kukar Edi Damansyah, saat menghadiri kegiatan program "Kredit Kukar Idaman". (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, meluncurkan program yang berpotensi memberdayakan sektor pertanian di wilayahnya. Program yang diberi nama “Kredit Kukar Idaman” ini bertujuan memberikan akses modal usaha bagi para petani, nelayan, dan pembudidaya ikan yang membutuhkannya.
Program ini resmi diperkenalkan bersamaan dengan peluncuran Gerakan Pangan Murah Serentak di seluruh Indonesia.

Acara peresmian berlangsung di Halaman Parkir Kantor Bupati, Tenggarong, pada hari Senin (16/10/2023). Edi menjelaskan, Kredit Kukar Idaman adalah program inovatif yang menjadi fokus Pemkab Kukar dalam meningkatkan sektor pertanian.

“Kami berkomitmen untuk mendukung peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat dengan menyediakan akses modal usaha tanpa bunga,” jelasnya.

Baca Juga : Empat Siswa SLB Kukar Melenggang ke O2SN Nasional

Proses program ini melibatkan kerja sama dengan Bank Kaltimtara, yang akan melakukan survei lapangan untuk menentukan besaran maksimal kredit sekitar Rp 50 juta dan jangka waktu pengembalian selama 36 bulan. Pengembalian kredit bisa disesuaikan dengan panen atau hasil produksi, dan peminjam hanya wajib mengembalikan pokok pinjaman tanpa tambahan bunga.

Edi juga mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap pinjaman modal dari pihak rentenir yang beroperasi di wilayah Kukar. Ia menekankan bahwa pemerintah daerah telah mendukung program ini dengan alokasi modal kepada Bank Kaltimtara, yang diharapkan dapat turut serta dalam memajukan sektor ekonomi, khususnya di sektor riil.

Program “Kredit Kukar Idaman” menjadi sebuah tonggak penting dalam upaya pemerintah daerah dalam mendorong kemajuan sektor pertanian dan ekonomi masyarakat. Diharapkan program ini akan membantu masyarakat lokal untuk meningkatkan produktivitas mereka dan akhirnya mencapai taraf hidup yang lebih baik. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646