0%
logo header
Kamis, 20 Juni 2024 15:56

Kukar Buka Peluang Beasiswa STPN Yogyakarta untuk 20 Calon Taruna Baru

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Sekda Kutai Kartanegara, Sunggono, saat memberikan sambutan. (Istimewa)
Sekda Kutai Kartanegara, Sunggono, saat memberikan sambutan. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Dr. H Sunggono membuka penyelenggaraan ujian Computer Base Test (CBT) dalam rangka Seleksi Penerimaan Taruna Baru (SPTB) Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta, Kamis (20/6/2024).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program beasiswa tematik Kukar Idaman dan diikuti oleh 40 peserta dari Kukar. Beasiswa ini menyediakan kuota untuk 10 peserta program Diploma Empat (D4) Pertanahan dan 10 peserta program Diploma Satu (D1) Pengukuran dan Pemetaan Kadastral.

Bupati Kukar Edi Damansyah yang diwakili oleh Sekda Kukar Dr. H Sunggono menyampaikan apresiasi atas kerjasama dengan STPN Yogyakarta. Menurutnya, kerjasama ini strategis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang pertanahan dan pemetaan kadastral di Kukar.

Baca Juga : Edi Damansyah: Posyandu Edelweis Jadi Simbol Komitmen Kukar Perangi Stunting

“Kerjasama ini bertujuan mencetak SDM kompeten di bidang pertanahan dan pemetaan kadastral yang diharapkan dapat berkontribusi dalam pembangunan dan pengelolaan pertanahan di Kukar,” jelas Sunggono.

Lebih lanjut, Sunggono mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di bidang pertanahan dan pemetaan kadastral. Ia pun menyadari pentingnya sektor pertanahan dalam pembangunan, pengelolaan sumber daya alam, serta tata ruang wilayah.

“Oleh karena itu, Pemkab Kukar sangat mendukung pelaksanaan ujian ini, yang diharapkan mampu menjaring calon-calon taruna terbaik menjadi ujung tombak pembangunan di Kutai Kartanegara,” ujarnya.

Baca Juga : Apresiasi dan Dukungan Penuh dari Bupati Kukar untuk Kader Posyandu Loa Kulu dalam Melawan Stunting

Ia berharap para peserta mengikuti ujian dengan sungguh-sungguh, karena ini merupakan langkah awal untuk meraih masa depan yang lebih baik.

“Kami harap para calon taruna yang lolos seleksi dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan pertanahan di Kutai Kartanegara,” harapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanahan Dan Penataan Ruang Kukar H Surya Agus mengatakan bahwa seleksi ini merupakan tahun kedua. Tahun ini, diikuti 40 peserta untuk mengisi formasi beasiswa tematik Kukar Idaman di bidang pertanahan.

Baca Juga : Akses Air Minum di Kukar Semakin Luas, SPAM Argosari Diresmikan Bupati Edi Damansyah

“Dari 43 pendaftar awal, 3 orang tidak mengikuti tes. Jadi, ada sekitar 20 slot yang kita sediakan untuk program beasiswa tematik Kukar Idaman ini,” ungkap H Surya Agus.

Ia menambahkan bahwa seluruh biaya pendidikan, SPP, makan minum, asrama, dan lain sebagainya selama masa pendidikan akan ditanggung oleh Pemkab Kukar melalui program beasiswa tematik Kukar Idaman.

H Surya Agus berharap 20 peserta yang lolos seleksi CBT dan wawancara dapat memenuhi standar calon taruna baru yang ditetapkan oleh STPN Yogyakarta.

Baca Juga : Bupati Kukar Ajak Generasi Z Bertani Modern dengan Potensi Ratusan Juta Rupiah

Ujian seleksi tersebut turut dihadiri oleh perwakilan dari STPN Yogyakarta, seperti Agung N Bimasena beserta jajaran. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646