0%
logo header
Rabu, 10 Maret 2021 16:42

Maksimalkan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Gowa, BNPB Serahkan Ventilator, Rapid Antigen dan Tabung VTM

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menyerahkan bantuan penanganan Covid-19 dari BNPB yang diterima Kepala Dinas Kesehatan Gowa dr. Hasanuddin, di Halaman Kantor Bupati Gowa, Rabu (10/03). (Istimewa)
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menyerahkan bantuan penanganan Covid-19 dari BNPB yang diterima Kepala Dinas Kesehatan Gowa dr. Hasanuddin, di Halaman Kantor Bupati Gowa, Rabu (10/03). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan bantuan alat kesehatan dalam membantu penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Gowa.

Bantuan yang diserahkan berupa dua unit ventilator, 2.000 alat tes rapid antigen dan 20.000 tabung tes Virus Transfer Media (VTM) Sorfa.

Bupati Adnan mengatakan, adanya bantuan ini merupakan stimulan bagi Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Kesehatan setempat agar semakin memaksimalkan penanganan virus corona atau Covid-19.

Baca Juga : IOH Group dan Accenture Siap Bangun Peradaban Ekonomi Digital Indonesia

Bantuan ini sangat bermanfaat bagi Kabupaten Gowa khususnya dalam membantu penanganan Covid-19. Apalagi saat ini pemerintah daerah memang tengah fokus dalam pengembangan penanganan kesehatan.

“Pemkab Gowa menyampaikan terimakasih kepada BNPB yang telah memberikan bantuan dalam mendukung penanganan Covid-19,” katanya saat menerima bantuan tersebut di Halaman Kantor Bupati Gowa, Rabu (10/03/2021).

Bantuan yang diterima ini pun selanjutnya diserahkan langsung ke Dinas Kesehatan Gowa untuk digunakan sesuai fungsi masing-masing.

Baca Juga : Pemkab Gowa Gandeng BPS Fokuskan Perbaikan Data Statistik

Adnan mengaku, sebagai keseriusan dalam memaksimalkan penanganan Covid-19 di wilayahnya. Pihaknya berencana akan membangun Infection Centre atau pusat penanganan penyakit infesksi untuk menangani pasien Covid-19, termasuk pasien infeksi lainnya. Bahkan untuk mendukung itu pihaknya akan menyiapkan alat Polimerase Chain Reaction (PCR).

“Ini sangat membantu, apalagi kita memang tahun ini akan membangun infection centre atau khusus infeksi dan laboratorium PCR agar nantinya ketika ada masyarakat kita yang terinfeksi tidak lagi dirujuk ke Makassar,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Gowa dr. Hasanuddin mengungkapkan, ventilator ini akan dipakai di ruang ICU pada RSUD Syekh Yusuf untuk pasien gagal nafas. Adanya bantuan ini semakin menambah perlengkapan alat-alat kesehatan yang dibutuhkan.

Baca Juga : OJK: Aset Perbankan Syariah di Sulsel Tumbuh 18,55 Persen

“Alhamdulillah ini menambah peralatan kita dan deangan adanya bantuan ini ventilator ini, maka jumlah ventilator kita saat ini sekitar 10 unit,” ungkapnya.

Sementara rapid antigen dan VTM nantinya akan didistribusikan keseluruh puskesmas di Kabupaten Gowa dan rumah sakit agar ketika terjadi hal mendesak rapid antigen tersebut tersedia dan bisa langsung digunakan. (Rhany)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646