0%
logo header
Jumat, 20 September 2024 14:48

Melihat Potret Pasar Sentral Bulukumba yang dibangun Pemerintahan Andi Utta-Edy Manaf, Berkapasitas 500 Kios

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Desain bangunan pasar sentral Bulukumba. [Foto: IST]
Desain bangunan pasar sentral Bulukumba. [Foto: IST]

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BULUKUMBA — Satu lagi kerja nyata pemerintah kabupaten Bulukumba yang bakal hadir ditengah-tengah masyarakat yakni pembangunan atau renovasi pasar Sentral. Pembagunan atau renovasi pasar Sentral Bulukumba ditarget rampung tahun 2024 ini.

Pasar Sentral yang tampilannya seperti pasar pada umumnya tersebut, di masa pemerintahan Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf dan wakil Bupati Andi Edy Manaf bakal berubah menjadi pasar modern berlantai 2.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Bulukumba melalui Humas Pemkab Bulukumba, Andi Ayatullah Ahmad mengungkapkan, mega proyek yang menelan total anggaran sebesar 39 Miliar rupiah ini akan menampung atau beroperasi dengan 500 kios atau tempat usaha.

Baca Juga : Andi Herfida Apresiasi Kolaborasi PKK Bulukumba dan OPD

“Ada sekitar 500 kios yang akan beroperasi nantinya,” kata Ayatullah kepada wartawan, Kamis (19/08/2024).

Selain 500 kios tersebut, Pasar Sentral Bulukumba juga menyiapkan 300 lods untuk para pelaku usaha.

“Dan ada juga 300 lods yang disiapkan. Penataannya sudah ada blok masing-masing,” tambah Ayatullah.

Baca Juga : Cantiknya Lanjutan Pembagunan Pantai Merpati Bulukumba yang Digagas Bupati Andi Utta, Mirip Pantai Losari di Makassar

Lebih jauh, kata dia, blok pertama di bagian depan akan difungsikan untuk perkantoran swasta dan dilengkapi dengan pusat ATM.

Blok kedua akan digunakan untuk penjualan pakaian, blok ketiga untuk restoran atau tempat makan, dan blok keempat untuk pasar basah, seperti penjualan ikan, daging dan sayuran.

” Ada ruang pengelola pasar atau pusat control, ada atm center, ruang pengamanan, ruang metrologi dan ada aulanya,” jelas Ayatullah.

Baca Juga : Di Era Andi Utta-Edy Manaf Warga Bulukumba Sudah Nikmati 295 Kilometer Jalan Mulus

Pihak Pemerintah Kabupaten Bulukumba berharap proyek ini mampu mengembalikan fungsi Pasar Sentral sebagai pusat perputaran ekonomi hingga mewujudkan pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat di Bulukumba.

Sementara, masyarakat mengapresiasi langkah tegas pemerintah Bulukumba untuk membangun dan merenovasi pasar sentral.

Hardin, salah seorang warga sekitar pasar sentral mengaku sudah banyak pemerintahan yang berlalu, namun hanya di masa Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf dan Wakil Bupati Andi Edy Manaf pasar sentral tersentuh dan dibangun.

Baca Juga : Program Kampung Sapi Pemerintahan Andi Utta-Edy Manaf sudah Reproduksi 10 Ribu Ekor Sapi Potong

“Artinya banyak yang sudah berlalu pemerintahannya namun di masa pak Andi Utta sebagai Bupati pasar sentral tersentuh penuh untuk dibangun. Ini tentu baik buat pedagang,” pungkasnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646